Banjir Merendam Beberapa Desa di Kabupaten Konawe

Banjir Merendam Beberapa Desa di Kabupaten Konawe

82
0
SHARE

Konawe, Peloporkrimsus.com – Puluhan rumah yang terendam banjir di dua kecamatan di kabupaten konawe yaitu Kecamatan Wonggeduku dan Wonggeduku Barat, banjir tersebut telah menenggelamkan sekitar Sembilan Desa diantaranya Desa Langgonawe, Dawi Dawi, Teteona, Ambuwiu, Tetewonua, Baruga, Bendewuta, Wowasolo dan Anggoro sehingga membuat warga terpaksa harus mengungsi di desa tetangga.

Beruntung tidak ada korban jiwa, namun demikian warga tetap resah akan keselamatan anggota keluarga, serta barang-barang berharga lainnya, ketika dikonfirmasi salah seorang warga Desa Baruga, 11/06/2019 mengatakan “ ini banjir yang terbesar dibanding tahun-tahun sebelumnya”, ungkap nya.

Menurut pantauan awak media Pelopor Hukum & krimsus, banjir tersebut merupakan banjir yang terbesar di tahun 2019 disebabkan meluapnya air sungai konaweeha yang ada di desa Teteona Kecamatan Wonggeduku Barat dan sekitarnya.

Menurut Badan Metereologi, klimatologi dan Geofisika (BMKG), “intensitas hujan akan tetap berlanjut hingga bulan Agustus mendatang, meski demikian warga disekitarnya tidak terlalu khawatir sebab hal tersebut memang setiap tahun banjir selalu melanda dua Kecamatan tersebut, karena dua kecamatan tersebut merupakan Daerah Aliran Sungai penghubung antara sungai ameroro dan pohara”.

Lanjut nya, “beberapa warga yang menjadi korban banjir mendapat perhatian dari pemerintah setempat dengan memberikan bantuan berupa Sembilan bahan pokok dan obat-obatan. Pasalnya musibah banjir tersebut merupakan salah satu musibah alam”, pungkasnya.(Nuzul)

LEAVE A REPLY