Bupati Sidoarjo Raih Penghargaan Lagi  

Bupati Sidoarjo Raih Penghargaan Lagi  

12
0
SHARE

Sidoarjo, peloporkrimsus.com – Penghargaan demi penghargaan kembali di raih Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum. Kali ini penghargaan Pemerintah Kabupaten/kota dengan Kerjasama dan Penggunaan Data BPS Kabupaten/kota Terbaik peringkat ketiga dari Gubernur Jawa Timur Soekarwo berhasil diraih. Penghargaan tersebut diberikan dalam acara Statistical Capacity Building di Hotel Shangrila Mayjen Sungkono Surabaya. Acara tersebut dihadiri Kepala BPS Pusat Kecuk Suhariyanto. Kepala BPS Jawa Timur Teguh Pramono juga hadir dalam kesempatan tersebut,rabu(7/11).

 Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan data statistik BPS penting pengunaannya. Dengan data tersebut Pemerintah Daerah dapat menentukan arah kebijakan yang tepat sasaran. Ia katakan data yang dikeluarkan BPS sangat terperinci. Mulai data jumlah penduduk sampai data kemiskinan yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

 “Penting sekali data dari BPS ini,”ucapnya.

 Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sidoarjo Agoes Budi Tjahjono yang ikut mendampingi bupati Sidoarjo juga mengatakan bahwa data statistik BPS dapat digunakan sebagai acuan perencanaan pembangunan. Data statistik juga berkaitan dengan penganggaran yang akan ditetapkan. Selain itu juga digunakan sebagai evaluasi kinerja Pemerintah Daerah.

 Ia katakan kesalahan data berakibat fatal bagi perencanaan. Kesalahan perencanaan mengakibatkan kesalahan pelaksanaan pemerintahan. Artinya kesalahan data mengakibatkan proses perencanaan pembangunan tidak mengarah pada target-target yang ditetapkan.

 “Data statistik pada hakekatnya adalah roh pembangunan,”terangnya.

 Agoes Budi Tjahjono mengungkapkan bupati Sidoarjo selalu berpesan untuk menggunakan data-data statistik dalam mengawali perencanaan pembangunan. Data statistik menjadi pertimbangan bupati Sidoarjo dalam menentukan arah kebijakan pembangunan. Oleh karenanya Pemda Sidoarjo selalu mensupport kegiatan yang dilakukan BPS Sidoarjo.

 “Ada satu sinergitas Pemkab Sidoarjo dengan BPS Sidoarjo,”ujarnya.

 Dalam kesempatan tersebut penghargaan Pemerintah Kabupaten/kota dengan Kerjasama dan Penggunaan Data BPS Kabupaten/kota Terbaik peringkat pertama diberikan kepada Kabupaten Probolinggo. Sedangkan peringkat kedua diraih oleh Kota Kediri yang disusul oleh Kabupaten Sidoarjo,”pungkasnya.(ryo).

LEAVE A REPLY