Fasilitas Memadai, Tahun 2018 RSUD Kota Bima Siap ‘Naik Kelas’.

Fasilitas Memadai, Tahun 2018 RSUD Kota Bima Siap ‘Naik Kelas’.

374
0
SHARE

Bima, PH-Krimsus : Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota bima siap menjadi Badan Layanan Umum Daerah ( BLUD) pada tahun 2018 ini, sehingga langkah-langkah RSUD Kota bima sekarang menuju BLUD sedang dipersiapkan.

Demikian diungkapkan Direktur RSUD Kota bima dr.H.Natsir ketika dihubungi wartawan Media pelopor di ruang kerjanya, selasa (06/2/2018).
Menurutnya, untuk menuju hal tersebut, saat ini sedang dipersiapkan aturan-aturan yang berlaku sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004.

“BLUD ini merupakan instansi di lingkungan pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan, dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas” tutur H.Natsir selaku Direktur RSUD Kota bima.

Karena, BLUD juga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau unit kerja pada Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan pemerintah daerah, yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang/jasa yang dijual, tanpa mengutamakan mencari keuntungan, dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas.

“Kita harus komitmen pada tahun 2018 inj, RSUD Kota bima harus naik kelas menjadi BLUD,” tegas dr. H.Natsir yang dikenal dengan murah senyum.

Dijelaskannya, Kabupaten/ kota di Provinsi NTB telah berubah RSUD menjadi BLUD, sehingga hanya RSUD kota bima yang belum berdiri BLUD. Makanya seluruh management RSUD saat sekarang ini tengah mempersiapkan hal tersebut.

“Sebab, tujuan BLUD adalah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi dan produktivitas, dan penerapan praktek bisnis yang sehat” jelasnya.

Langkah-langkah untuk menuju BLUD tersebut, fasilitas sudah lengkap (baik sarana maupun prasarana), sistem pelayanan kepada masyarakat juga harus diubah karena hak masyarakat memperoleh pelayanan yang baik, Perangkat sekurang kurangnya Type C (tapi saat ini RSUD kota bima baru type D), dan RSUD Kota bima telah memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup.

“Dokter umum yang kami miliki sudah ada 12 orang, tenaga ahli atau dokter spesialis ada dua orang, yaitu spesialis anak dan spesialis penyakit dalam,” tukasnya. (MUCH).

LEAVE A REPLY