Kepala Kampung MARINUS W YAPEN Meninjau Langsung Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat...

Kepala Kampung MARINUS W YAPEN Meninjau Langsung Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa ( P3MD ) Tahun 2018

54
0
SHARE

Nabire, peloporkrimsus.com – Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa ( P3MD) tahun anggaran 2018 Kampung Manunggal Jaya Distrik Makimi Kabupaten Nabire telah berjalan sejak tanggal 24 Juli 2018.

Adapun yang menjadi program utama adalah Peningkatan Jalan Parit , mengingat sudah selama 22 tahun Kampung Manunggal Jaya
tidak menikmati pembangunan di kampungnya.

Ketika wartawan pelopor menemui Kepala Kampung yang baru dilantik beberapa bulan lalu yaitu MARINUS W YAPEN menyampaikan ” Saya akan buktikan pada masyarakat bahwa dalam penggunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa anggaran tahun 2018 untuk tahap pertama cuma menerima 20 % dari rencana keseluruhan anggaran Dana yaitu 2,4 milyar, anggaran tersebut akan kami gunakan pembangunan Desa terutama dalam bidang Peningkatan Jalan dan Parit, namun Dana tersebut kami pakai untuk membayar gaji para perangkat Desa serta RT, sisa nya untuk pembangunan jalan dan Parit”.

Dikatakan pula” bahwa perioritas diutamakan jalan dan Parit karenaakses jalan ke masing masing Rt sudah tertutup rerumputan serta rusak, karena sudah 22 tahun tidak pernah ada perbaikan jalan alias dibiarkan sehingga warga sudah banyak yang melarikan diri, belum lagi kalau musim hujan selalu kebanjiran” ucap nya.

Sedangkan Dana Desa untuk perbaikan kampung baru digunakan Rp. 177.390.000,-( seratus tujuh puluh tujuh tiga ratus sembilan puluh ribu rupiah) saja, menurut Pendamping Kabupaten sdr. SERDINANDUS ENAUW yang juga mengawasi enam kampung se – Distrik Makimi mengatakan bahwa” Kepala Kampung MARINUS W YAPEN terbuka dengan masyarakat dan pekerjaan sudah dikerjakan mencapai sekitar 65 %, tinggal kita mengajukan untuk tahap kedua” imbuh nya.

Selain tanggapan dari Pendamping Kabupaten juga ada lagi tanggapan dari para tokoh masyarakat , salah satunya Sdr. SERGIUS MANUBAY iya menyampaikan ” kami atas nama tokoh masyarakat sangat puas dengan adanya KA Kampung baru yang sangat terbuka,” katanya.

Lain lagi kata Sdr. RUDY RUSLAUW sebagai Kaur Pembangunan, bahwa “Ka. Kampung saat ini mempunyai jiwa pembangun sehingga masyarakat kecil bisa merasakan program Presiden JOKOWI dan bisa sampai ke tangan rakyat, dan hal ini sangat jauh dengan Ka Kampung sebelumnya.

Kini warga lagari 4 Kampung Manunggal Jaya Distrik Makimi Kabupaten Nabire bisa bernafas lega dan sangat bersyukur dan mengucapkan Selamat Atas Terpilihnya Bapak MARINUS W YAPEN menjabat sebagai Kepala Kampung yang baru, Semoga sukses slalu.(Rn)

LEAVE A REPLY