SURAT TERBUKA UNTUK BUPATI KABUPATEN KOTABARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

SURAT TERBUKA UNTUK BUPATI KABUPATEN KOTABARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

539
0
SHARE

Kotabaru, Peloporkrimsus.com – Berdasarkan hasil kami 2 hari berdiskusi pada Forum Kotabaru (FORKOT) dan diskusi Kopi Darat (KOPDAR) beberapa orang anggota perwakilan mengenai penanganan COVID-19 di Kabupaten Kotabaru, Semua saran-saran terhimpun dari point-point berikut dibawah ini agar segera dipertimbangkan dan dilaksanakan.

Melihat kondisi wabah Covid 19 yang sudah melanda di kalsel dan sifat penyebarannya yang begitu cepat, dengan ini atas nama LSM, aktivis, Akademisi, Ormas, mahasiswa, penggiat sosial politik dan mayarakat kotabaru yang tergabung di Group Forum Kotabaru, kami menyerukan kepada Pemkab Kotabaru untuk segera mengambil langkah :

1. Membuat satuan gugus tugas tiap RT dan Desa sebagai upaya preventif dari kemungkinan menyebarnya wabah COVID-19 mengingat kotabaru adalah daerah perlintasan dan transit kapal kapal dari dalam dan luar negeri.

2. Memberlakukan protap preventif COVID-19, di pelabuhan pelabuhan kapal, bandara, terminal karena ini akses keluar masuknya orang

3. Memperketat pengawasan terhadap aktivitas ABK kapal-kapal dari luar yang sandar atau berlabuh di perairan kotabaru

4. Menyiapkan fasilitas khusus untuk isolasi dan karantina bagi yang terpapar covid 19 jika diperlukan gedung RSUD yang baru dipergunakan sebagai mana mestinya, paling tidak untuk tindakan ISOLASI.

5. Mencegah dan mengantisipasi ‘panic buying’ yang berdampak pada kelangkaan dan kenaikan harga kebutuhan pokok.

6. Meminta segera menanggapi keputusan pernyataan keliburan anak sekolah serta segera menghindari dan menertibkan segala bentuk keramaian.

7. Segera Melakukan kebersihan kota dengan cara menyemprot keseluruh bagian tempat yang dianggap perlu.

8. Mendesak pemerintah daerah untuk mengeluarkan anggaran guna menangani penyebaran dan pencegahan COVID 19

Demikian seruan ini disampaikan agar pemkab segera mungkin mengambil langkah kebijakan upaya preventif meluasnya wabah COVID-19 ini.

Jangan sampai menunggu jatuhnya korban dan meluasnya wabah ini yg berakibat chaosnya kondisi publik.

Masyarakat menanti langkah kongkrit pemkab akan ini. Tenangkan mereka yang sekarang ini lagi gelisah dan bapak Bupati / Wakil Bupati harus hadir dan menjadi panglima akan ini.(sar)

LEAVE A REPLY