Warga Binaan Lapas Sekayu Dilatih Keterampilan Membuat Mie Ayam

Warga Binaan Lapas Sekayu Dilatih Keterampilan Membuat Mie Ayam

50
0
SHARE

Musi Banyuasin, peloporkrimsus.com – Media Center. Puluhan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas IIB Sekayu tampak begitu antusias mengikuti pelatihan. Aktivitas di bengkel kegiatan kerja itu berupa pembuatan mie Ayam, Selasa (1/10/2019).

Pelatihan langsung diberikan oleh seorang instruktur berpengalaman di bidangnya. Pelatihnya pernah jadi pegawai di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Musi Banyuasin, namun kini sudah pensiun. Setiap arahan dan praktik begitu cermat disimak oleh para warga Binaan Lapas Sekayu.

Ada sekitar 20 orang warga binaan yang mengikuti pelatihan. Diawasi langsung oleh Kepala Sub Seksi Kegiatan Kerja Lapas Sekayu Apeni Kasbarua, SH dan Staff nya Ardiansyah.

“Selain menjalin kerjasama dengan BLK Kabupaten Musi Banyuasin, juga ini sebagai salah satu sarana untuk memberikan modal bagi para WBP yang nantinya akan bebas agar bisa bergabung di masyarakat dengan kegiatan positif,” ucap Kepala Lembaga Pemasyarakatan (KALAPAS) Sekayu, Ronaldo De Vinci Talesa, Amd, IP., S.H., M.H.

Dikatakannya lebih lanjut, juga sebagai salah satu sarana meningkatkan kualitas Warga Binaan Pemasyarakatan agar menyadari kesalahan, memperbaiki diri, sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat, dapat aktif berperan dalam pembangunan, dan dapat hidup secara wajar sebagai warga yang baik dan bertanggung jawab.

Sesuai yang diperintahkan UU 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan Seorang warga binaan peserta pelatihan itu yakni Prayitno mengaku senang dengan adanya kegiatan itu.

“Hal seperti ini hendaknya terus dilakukan karena dengan adanya hal ini, hobi kami yang suka bagian Tata Boga bisa tersalurkan, selain itu siapa tahu ini bisa jadi modal kami kelak diluar buka usaha Mie Ayam,” ucap warga binaan yang sudah menjalani hukuman 3,5 tahun di Lapas Kelas IIB Sekayu ini.

Ronaldo Menambahkan, Kegiatan Pelatihan Prossesing akan di Follow Up ke kegiatan Produksi agar Ilmunnya nanti dapat di bagi kepada warga binaan yang Lain Serta ada nilai tambah yang didapat Sehingga bisa memberikan kontribusi kepada Negara melalui Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), tutupnya.(Bobit)

LEAVE A REPLY