Home Berita Pemkab Tanbu Akan Menata Ulang Dipantai Pagatan  

Pemkab Tanbu Akan Menata Ulang Dipantai Pagatan  

154
0

Tanah bumbu//Kalsel,Peloporkrimsus.com – Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tanbu berupaya memperbaiki Siring Akibat terjangan ombak besar akhir 2022, siring Kubah Pagatan di Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, mengalami kerusakan yang sangat parah, 27/01/2023.

Mengingat, tempat tersebut termasuk pusat wisata religi di Kabupaten Tanbu, Kalsel.

Kepala Disporapar Kabupaten Tanbu, Hamaludin Tahir mengatakan kepada media, kerusakan ini akan dilakukan perbaikan dan pengusulan penambahan pemecah ombak.

“Siring fondasinya rusak dan menggantung, hingga akhirnya hampir ambruk. Sekarang, kami melakukan penataan, ” Ujarnya

Kawasan Kubah Pagatan selalu ramai dikunjungi peziarah dari dalam dan luar Kabupaten Tanbu. Bahkan hingga luar Provinsi Kalsel.

Tahun ini, lanjut Hamalluddin memang Kubah Pagatan menjadi fokus perbaikan. Karenanya, dilakukan penataan area hingga bentuk kubahnya.

“Kami fokus ke Penataan Kubah Pagatan. Hanya itu saja untuk tahun ini,” ungkap Hamaludin Tahir.

Kubah pagatan ini juga akan dikonsep seperti Masjid Madinah. Tahun ini dikerjakan sesuai dengan arahan Bupati Tanbu dr.H. Zairullah Azhar.

“Kawasan Pagatan ini memang dianggap stratrgis karena lokasinya di pinggir pantai. Sehingga, pengunjung atau peziarah bisa sambil berwisata religi dan sekaligus berwisata pantai, ” katanya.

Diketahui, Kubah Pagatan adalah makam keturunan atau zuriah dari Datuk Kelampayan atau KH Muhammad Arsyad Al Banjari. (Team )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here