Home Berita Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Muara Pagatan: Menggugah Kesadaran akan Krisis...

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Muara Pagatan: Menggugah Kesadaran akan Krisis Iklim dengan Inovasi dan Keadilan

109
0

Tanah Bumbu- Peloporkrimsus.com Desa Muara Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu menjadi saksi peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 2 Juli 2024. Mengusung tema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”, acara ini dihadiri oleh pejabat provinsi Kalimantan Selatan dan Kabupaten Tanah Bumbu.

Gubernur Kalimantan Selatan ,H.Sabirin (Paman Birin) yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Ahmad Bagiawan, memberikan apresiasi penuh terhadap penyelenggaraan acara ini serta kontribusi elemen-elemen terkait dalam menjaga lingkungan hidup.

“Kita berkumpul untuk merenungkan tantangan besar yang dihadapi bumi kita serta meneguhkan komitmen kita dalam menjaga keberlanjutan lingkungan,” ujar Ahmad Bagiawan.

Acara ini dirangkai dengan berbagai kegiatan, termasuk penanaman bibit mangrove di pesisir pantai Desa Muara Pagatan. Selain itu, acara juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, khususnya dalam mengatasi masalah sampah di masyarakat

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu, Rahmat Prapto Wardoyo, menyampaikan tantangan yang dihadapi dalam menjaga lingkungan hidup serta upaya-upaya penanggulangannya.

“Momentum ini sangat relevan dengan tantangan besar yang kita hadapi terkait degradasi lingkungan,” tegas Rahmat Prapto Wardoyo.

Ia menjelaskan bahwa menjaga lingkungan hidup dapat dimulai dari hal-hal kecil seperti menghemat energi dan tidak membuang sampah sembarangan. “Langkah-langkah kecil ini akan berdampak besar bagi keberlangsungan lingkungan hidup kita,” tambahnya.

Selain penanaman bibit mangrove, acara ini juga menggelar penukaran sampah dengan sembako yang bisa langsung ditukar di lokasi kegiatan. Peringatan ini juga menggandeng Bank Kalsel sebagai mitra dan sponsor utama.

Acara yang penuh makna ini diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan serta aktif berpartisipasi dalam upaya menjaga kelestarian bumi.Ungkapnya (Team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here