Home Berita Danrem 072/Pamungkas Hadiri Malam Tirakatan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Malam Tirakatan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

52
0

Yogyakarta,peloporkrimsus.com –Komandan Korem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si., bersama jajaran Forkopimda DIY dan masyarakat menghadiri malam tirakatan peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024. Acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DIY ini mengangkat tema “Bersama Pancasila Menuju Indonesia Emas” diikuti oleh sekitar 150 peserta dari berbagai kalangan bertempat di Monumen Pahlawan Pancasila Kentungan Kal. Condongcatur Kap. Depok Kab. Sleman DIY. Senin 30 September 2024

Malam tirakatan ini menjadi bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat Provinsi DIY. Selain Danrem 072/Pamungkas, acara ini juga dihadiri oleh Forkopimda DIY, perwakilan keluarga pahlawan, serta berbagai elemen masyarakat seperti pelajar, mahasiswa, dan organisasi kepemudaan.

Gubernur DIY, melalui sambutan yang disampaikan oleh Plh. Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Tri Saktiyana, M.Si., mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

“Pancasila telah terbukti menjadi perekat bangsa di tengah berbagai tantangan. Mari kita jadikan Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari untuk mewujudkan Indonesia Emas,” ujar Tri Saktiyana.

Hari Kesaktian Pancasila merupakan momen penting untuk merenungkan kembali kekuatan ideologi yang telah mengikat dan mengikuti bangsa ini di tengah terpaan yang dihadapi.

“Pancasila tetap menjadi kompas untuk mencapai Indonesia emas, Bersama Pancasila kita wujudkan Indonesia Emas” Tegasnya.

Acara malam tirakatan di isi dengan berbagai kegiatan seperti pertunjukan seni, pemotongan tumpeng, dan dialog. Kehadiran keluarga pahlawan Brigjen TNI (Anumerta) Katamso Darmokusumo dan Kolonel Inf. (Anumerta) R. Sugiyono Mangunwiyoto semakin menambah khidmat suasana peringatan.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober bertujuan untuk mengenang peristiwa G30S/PKI yang terjadi pada tahun 1965. Peristiwa tersebut merupakan upaya untuk mengubah ideologi negara Pancasila dan menggantikannya dengan ideologi lain. Namun, upaya tersebut gagal berkat keberanian dan kesetiaan para pahlawan revolusi.

Diharapkan peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini dapat semakin memperkuat semangat kebangsaan dan persatuan seluruh masyarakat Indonesia. Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, diharapkan Indonesia dapat mencapai cita-cita sebagai negara yang maju, adil, dan makmur. (her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here