Home Berita Danrem 072/Pamungkas Hadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

60
0

Sleman,peloporkrimsus.com – Komandan Korem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si., bersama Ketua Persit Koorcabrem 072 PD IV Diponegoro, Ny. Kemala Zainul Bahar, menghadiri upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diselenggarakan di Lapangan Monumen Pancasila, Kentungan, Sleman, Yogyakarta. Selasa 1 Oktober 2024

Upacara tersebut dipimpin oleh Inspektur Upacara, Danlanud Adisutjipto, Marsma TNI Setiawan, dengan mengusung tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan momentum penting untuk mengingatkan kembali seluruh komponen bangsa akan pentingnya menjaga Pancasila sebagai ideologi negara. Nilai-nilai Pancasila harus terus dijaga dan diterapkan demi keutuhan bangsa, sekaligus sebagai peringatan akan bahaya laten komunisme.

Rangkaian upacara diawali dengan laporan dari Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara. Setelah itu, dilaksanakan pembacaan Teks Pancasila, pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, dan Naskah Ikrar.

Naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 menyatakan tekad yang kuat untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Pancasila menjadi sumber kekuatan dalam memperjuangkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Upacara ini turut dihadiri oleh Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, Danlanal Yogyakarta (KH/W) Kolonel Dr. Devi Erlita, Kasipers Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Faizal Amri, Dandim 0732/Sleman Letkol Inf Muhammad Zainollah, serta jajaran Forkopimda DIY.
(her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here