Home Berita HUT Ke-79 TNI, Korem 072/Pamungkas GelarOpen Tournament Marching Band Piala Panglima TNI

HUT Ke-79 TNI, Korem 072/Pamungkas GelarOpen Tournament Marching Band Piala Panglima TNI

39
0

Yogyakarta.peloporkrimsus.com – Dalam Rangka Memeriahkan HUT ke-79 TNI Tahun 2024 Korem 072/Pamungkas bekerjasama dengan Pengurus Daerah Persatuan Drum Band Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PDBI DIY) menyelenggarakan Open Tournament Marching Band Piala Panglima TNI Kelas Street Parade dengan titik Start Kantor DPRD DIY dan Finish di titik 0 KM Jalan Malioboro Kota Yogyakarta DIY, Jumat 18 Oktober 2024

Open Tournament Marching Band Kelas Street Parade memperebutkan Piala Panglima TNI merupakan kolaborasi dengan Piala Raja Hamengku Buwono X tahun 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 37 Tim dengan total peserta 1.850 orang memperebutkan total hadiah sebesar 100 juta rupiah.

Dalam sambutan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto yang dibacakan oleh Pamensahli Bid OMSP Pangdam IV/Diponegoro Kolonel Kav Agus Waluyo menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan komitmen TNI dan kontribusi serta peran aktif dalam meningkatkan prestasi nasional melalui berbagai event.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi, kebersamaan dan meningkatkan prestasi serta sportivitas” pesan Panglima TNI yang dibacakan Kasipers Kasrem 072/Pamungkas.

Pada HUT ke-79 TNI tahun ini mengusung tema “TNI Modern Bersama Rakyat, Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”, mengandung makna bahwa melalui Open Tournament akan terbangun prajurit TNI dan rakyat dengan jiwa yang sehat dan tangguh, sehingga tercipta generasi berprestasi sehingga dapat mencapai kemajuan bangsa dan negara.

“Nilai-nilai sportivitas, kejuangan, kehormatan, disiplin, tanggung jawab, kerja sama, dan percaya pada kekuatan sendiri menjadi landasan karakter moral para peserta” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PDBI DIY Sutrajaya mengatakan bahwa Kejuaraan Marching Band Piala Raja pada tahun 2024 ini telah memasuki tahun ke-11, ada yang istimewa di tahun ini, untuk Street Parade merebutkan piala Panglima TNI dan display memperebutkan Piala Raja Hamengkubuwono yang ke-10.

“Jumlah peserta yang sebelumnya di tahun kemarin hanya 35 peserta sekarang naik menjadi 50 tim dan berasal dari berbagai daerah bahkan dari Riau, Jambi, Banten dan Kalimantan Selatan” ungkapnya.

Open Tournament Marching Band Piala Panglima TNI Kelas Street Parade dibuka oleh Ketua PBDI Pusat Brigjen TNI Panca Iswandari

Setelah melalui serangkaian penilaian yang ketat, akhirnya berhasil keluar sebagai Open Tournament Marching Band Piala Panglima TNI Kelas Street Parade Klasemen Umum Juara 1 diraih oleh Waditra Prima Sangatta (PT. Kaltim Prima Coal (KPC), Juara 2 diraih Bhina Caraka (Bea Cuka RI) dan Juara 3 diraih Citra Derap Bahana (Universitas Negeri Yogyakarta). Untuk Klasemen Senior Juara 1 diraih oleh Bahana Cendana Kartika Duri Pertamina (SMPS dan SMANS Cendana Mandau Riau), Juara 2 diraih Bahana Swara Sangkakala Bhawana (SMAN 1 Kepanjen Malang) dan Juara 3 diraih Gita SMANDA (SMAN 1 Pandaan Kab. Pasuruan). Untuk Klasemen Junior Senior Juara 1 diraih oleh Pelangi Nada (SDN Jember Lor 1), Juara 2 diraih Gita Madhani DC (SD Muhammadiyah Mutihan Kulon Progo) dan Juara 3 diraih Gita Braja Kencana (SDN Barat Jaya Surabaya).

Open Tournament Marching Band Piala Panglima TNI yang digelar ini tidak hanya menyajikan pertunjukan musik yang memukau, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Dengan menampilkan pertunjukan yang spektakuler, para peserta berhasil memukau penonton dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan wisatawan. Kehadiran ribuan penonton turut menghidupkan perekonomian UMKM di Yogyakarta.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kasiops Kasrem 072/Pamungkas Letkol Inf Tentrem Basuki, Kasipers Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Faizal Amri,S.S., M.I.Pol., Ketua KONI DIY Prof. Dr. H. Djoko Pekik Irianto, M.Kes. AIFO, Forkopimda DIY dan Tamu Undangan lainnya.(her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here