Polres Probolinggo Kota Beserta Jajarannya Mendukung Program Pemerintah Kota.

Polres Probolinggo Kota Beserta Jajarannya Mendukung Program Pemerintah Kota.

14
0
SHARE

Probolinggo,peloprkrimsus.com – Demi mendukung program Pemerintah Kota Probolinggo satu rumah satu pohon, yaitu pohon mangga manalagi sesuai dengan ikon Kota Probolinggo, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya S.I.K, S.H, M.H melaksanakan kegiatan Penanaman Pohon dalam rangka Polri Peduli penghijauan dan mendukung program Pemerintah Kota Probolinggo satu rumah satu pohon di Polres Probolinggo Kota, Jumat (10/01/2020) pagi.

Ada sekitar 500 bibit mangga manalagi, yang disebar di lingkungan Mapolresta Probolinggo. Untuk gerakan awal, satu rumah di wajibkan menanam satu pohon mangga manalagi. Kapolres juga mengatakan bahwa kegiatan ini serentak dilaksanakan dijajaran Polri, terutama untuk lahan yang tandus. Namun disini kita menyesuaikan dengan ikon Kota Probolinggo yaitu pohon mangga manalagi agar ke depan bisa berkembang dan bisa bermanfaat untuk perekonomian warga.

“Mangga manalagi ini manfaatnya luar biasa. Selain produksi oksigennya, mangga manalagi juga punya manfaat ekonomis,” kata Kapolresta Probolinggo, AKBP Ambariyadi Wijaya.
Kapolres juga memberikan instruksi kepada Polsek jajaran agar turut melakukan penanaman di sekitar Mako maupun diwilayahnya, dan untuk saat ini cuaca musim penghujan kiranya juga cocok untuk penanaman mangga manalagi yang mana, mangga tersebut bisa di tanam di daerah mana saja seperti Maluku, Sumatra, Surabaya namun untuk rasa tetaplah yang terbaik dari mangga manalagi Kota Probolinggo.

“Jika tanaman buah, bisa dimanfaatkan buahnya. Dengan penghijauan kita bisa terhindar dari bahaya banjir, tanah longsor/erosi. Intinya jika kita sayangi alam kita, maka alam pun akan sayang kepada kita. Oleh karena itu mari hijaukan lingkungan kita,” tutur Ambar.

Berdasarkan data Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan, Populasi mangga secara keseluruhan di Kota Probolinggo mengalami penurunan dalam dua tahun terakhir. Pada 2018 tercatat ada 49.590 pohon mangga. Jumlah tersebut, mengalami penurunan sebanyak 61 pohon pada 2019. Per tanggal 31 Desember 2019, jumlah pohon mangga menjadi 49.529 saja.

Melalui program penanaman pohon yang digagas Kapolri, Polresta Probolinggo berupaya untuk mengembalikan populasi mangga manalagi. Penanaman ratusan mangga itu pun, melibatkan jajaran Forpimda. Seperti Kodim 0820, Pemkot Probolinggo, Yon Zipur 10 dan Bhayangkari Cabang Kota Probolinggo.(Man).

LEAVE A REPLY