Home Berita Pemkab Tanah bumbu Mulai Canangkan Pemberantasan Sarang Nyamuk

Pemkab Tanah bumbu Mulai Canangkan Pemberantasan Sarang Nyamuk

110
0

Batulicin//Kal-sel,Peloporkrimsus.com –Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar pencanangan Pemberentasan Sarang Nyamuk (PSN), di Aula Kantor Desa Sejahtera, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Jumat (23/09/2022).

Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar .

Pelaksanakan kegiatan tersebut sebagai upaya pencegahan, guna menghindari terjadinya serangan penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk, terutama Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Dalam sambutannya, Bupati HM.Zairullah Azhar berharap melalui momentum pencanangan Pemberantasan Sarang Nyamuk DBD tersebut, masyarakat dapat memaknai salah satu hadist Nabi Muhammad SAW yaitu ‘An-Nadhafatu Minal Iman’, yang Artinya kebersihan sebagian dari iman.

Masyarakat yang baik, alangkah penting untuk memperhatikan kebersihan Lahir batin baik itu diri sendiri ataupun lingkungan sekitar.

Dengan lingkungan yang bersih ,Yaman ,Aman dan tentram akan meningkatkan kualitas hidup yang lebih sehat dan menurunkan potensi timbulnya suatu penyakit.

Oleh sebab itu dengan landasan tersebut, Bupati Tanah bumbu Kalimantan selatan menekankan agar masyarakat di Bumi Bersujud untuk lebih meningkatkan kesadaran dirinya terkait kebersihan Lingkungan sehingga dengan lingkungan yang bersih maka akan memberikan kemanfaatan bagi masyarakat itu sendiri.

Sementara itu, Pj. Kepala Desa Sejahtera, Amirullah, didampingi Ketua RT 9 Desa Sejahtera, Musrifin, menyampaikan bahwa saat ini untuk Desa Sejahtera Kecamatan Simpang Empat sendiri sudah terdapat sebanyak 10 kasus DBD.

Amirullah menyampaikan bahwa dari awal terjadinya kasus hingga saat ini pihaknya terus selalu berkoordinasi dengan unsur terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan,juga dalam hal upaya penanganan dan pencegahan munculnya kejadian serupa.

“Kami dari Pemerintah Desa juga mengambil langkah konkrit, dengan mengumpulkan warga yang berada di wilayah rawan DBD untuk men sosialisasikan bersama dengan Dinas Kesehatan,” Kata Amirullah.

Dengan dicanangkannya PSN, Kepala Desa Sejahtera itu mengaku siap bekerja sama dengan lintas sektor terkait dalam gerakan menjaga kebersihan secara berkelanjutan, lebih optimal, serta memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat.

Kegiatan tersebut turut diprakarsai Dinkes selaku leading sektor bersama Pemerintah Kantor Desa Sejahtera, Kecamatan Simpang Empat Kab Tanbu , dibantu Tim Tenaga Kesehatan Puskesmas Kecamatan Simpang Empat dan puskes Darul Azhar “(Team )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here