Home Berita Dinkes Tanbu Tingkatkan Layanan Kesehatan Kepada Masyarakat

Dinkes Tanbu Tingkatkan Layanan Kesehatan Kepada Masyarakat

195
0

Tanah Bumbu Kal-Sel, peloporkrimsus.com – Pemkab Tanbu melalui Dinkes harapkan tingkatkan layanan kesehatan melalui Promkes Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah, terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat dikabupaten melalui promosi kesehatan (Promkes).


Pada kesempatan itu, Dinas Kesehatan telah menggerakkan tim promkes dan kesehatan lingkungan dari bidang kesmas untuk melakukan promosi kesehatan terkait perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan higien sanitasi penjamah makanan bagi catring dan rumah makan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupatenn Tanah Bumbu dr. Muhammad Yandi Noorjaya.(10/11/2023)

Dijelaskannya, bahwa bidang pelayanan kesehatan dan bidang pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) juga melakukan monitoring dan supervisi kepada petugas kesehatan dan TGC di puskesmas terkait pelayanan dan respon cepat pada kejadian-kejadian yang mengarah pada keracunan makanan.

Misalnya, seperti kasus keracunan makanan di Kecamatan Kusan Hilir yang terjadi pada 20 Oktober 2023 sekitar pukul 17.00 Wita, petugas kesehatan langsung melakukan kunjungan rumah korban untuk dilakukan pengambilan sampel makanan, dan memberikan tindakan medis kepada penderita.

Sehingga petugas juga memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat agar dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), mencuci tangan menggunakan sabun.

Melalui program ini kesadaran masyarakat tentang kesehatan mulai meningkat, bahkan kasus penyebaran virus dengue atau deman berdarah dengue di Tanah Bumbu terus melandai atau mengalami penurunan kasus karena kesadaran masyarakat terhadap kesehatan lingkungan, ungkap dr Yandi.(Nata/Team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here