Home Berita Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Pulau Bawean Resmi Dibuka Oleh Wakil Direktur 1...

Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Pulau Bawean Resmi Dibuka Oleh Wakil Direktur 1 Bidang Pendidikan Poltekpel Surabaya

1087
0

Gresik, peloporkrimsus.com – Dalam rangka mensukseskan program pemerintah untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang kepelautan, Politeknik Pelayaran Surabaya bekerjasama dengan Kantor UPP Kelas III Bawean menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pemberdayaan Masyarakat secara gratis.

Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Politeknik Pelayaran Surabaya Angkatan IX tahun 2024 di Pulau Bawean resmi dibuka oleh Wakil Direktur 1 Bidang Pendidikan Politeknik Surabaya, Capt. Renta Novita Siahaan, S.SiT, MA di Aula SMK Hasan Jufri Sangkapura, Bawean, Senin (27/5/2024).

Dalam sambutannya Capt. Renta Novita Siahaan menyampaikan, pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pemberdayaan Masyarakat Politeknik Surabaya di Pulau Bawean tahun 2024 sesuai dengan Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia. Kegiatan ini merupakan amanat yang harus kami dilaksanakan untuk masyarakat luas tanpa dipungut biaya.

Diharapkan dengan adanya Diklat Pemberdayaan Masyarakat ini dapat membantu dalam meningkatkan kompetensi dan kemampuan peserta diklat yang nantinya dapat memberikan kontribusi yang luas terhadap program pemerintah yang sudah dicanangkan”, tegasnya.

Selanjutnya, dalam sambutan Kepala Kantor UPP Kelas III Bawean Zainal Abdul Rahman, S.H.,MH mengungkapkan bahwa kegiatan DPM ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan berkat kerjasama Politeknik Pelayaran Surabaya.

“Sebelumnya tercatat sebanyak 441 peserta yang terdaftar, namun setelah dilakukan seleksi administrasi dan tes kesehatan oleh pihak Politeknik Surabaya yang telah dilaksanakan di Pulau Bawean, akhirnya peserta yang dinyatakan lulus seleksi sebanyak 334 peserta yang terdiri dari 317 laki-laki dan 17 perempuan,” terangnya.

Zainal panggilan akrab Kepala Kantor UPP Kelas III Bawean mengatakan, diklat ini dilaksanakan mulai tanggal 27 Mei hingga 6 Juni 2024. Dimana peserta akan mendapatkan tiga sertifikat dasar diantaranya: Basic Safety Training (BST), Advance Fire Fighting (AFF) dan Safety Awareness Training (SAT).

Dalam kegiatan ini hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik, Ir. Achmad Washil Miftahul Rachman, MT mengucapkan terima kasih kepada Poltekpel Surabaya yang sudah melaksanakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Pulau Bawean. Sebelumnya sudah pernah dilaksanakan diklat seperti ini yang diinisiasi dan difasilitasi oleh Camat Tambak bekerjasama sama dengan Poltekpel Surabaya.

Washil berharap semoga semua peserta bisa melaksanakan diklat dengan bersungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab, karena hal ini merupakan kegiatan untuk meningkatkan sumber daya manusia, tegasnya.

Hadir dalam kegiatan DPM Poltekpel Surabaya Angkatan IX tahun 2024 Pulau Bawean, Forkopimcam Sangkapura dan Tambak, Kepala BMKG Bawean, Kepala UPT Pengelola Prasarana Perhubungan Bawean, Kepala UPT PPR Lamongan Wilker Bawean, Kepala BPTD, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hasan Jufri, Ketua TKBM Pelabuhan Bawean, dan turut hadir Asisten 1 bersama Kepala CKBKT. (FR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here