Home Berita Himpunan Keluarga Bawean (HIKAB) Kota Tanjungpinang Salurkan Bantuan Gempa Bawean.

Himpunan Keluarga Bawean (HIKAB) Kota Tanjungpinang Salurkan Bantuan Gempa Bawean.

1227
0

Gresik,peloporkrimsus.com – Gempa dengan Magnitudo 6,5 Skala Richter terjadi di laut barat Bawean pada Jumat, 22 Maret 2024 lalu, dan meninggalkan kesedihan yang mendalam bagi masyarakat Bawean di Kota Tanjungpinang.

Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik, puluhan rumah warga, masjid dan fasilitas umum di dua kecamatan Sangkapura dan Tambak mengalami kerusakan parah.

Ketua Himpunan Keluarga Bawean (HIKAB) Kota Tanjungpinang, Nasiruddin mengatakan bahwa hingga hari ini, telah tercatat dari informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bawean telah terjadi sekitar 700 gempa susulan di Pulau Bawean.

Kejadian ini membuat warga Bawean yang ada di Kota Tanjungpinang ikut prihatin dan bersedih, karena melihat Bawean pulau kecil yang dikelilingi oleh lautan mengalami gempa yang cukup besar dan disusul dengan beberapa gempa susulan yang mengakibatkan banyak rumah warga rusak parah, sedang, dan ringan di dua kecamatan, Sangkapura dan Tambak, Senin (03/6/2024).

Nasiruddin sebelumnya sudah berkoordinasi dengan tokoh agama dan masyarakat untuk penggalangan dana sosial kemanusiaan tersebut, dan seterusnya berkoordinasi dengan beberapa Koorlap HIKAB Kota Tanjungpinang untuk melakukan penggalangan dana sosial kemanusiaan terhadap korban gempa Bawean.

Lebih lanjut Nasiruddin mengajak kepada masyarakat Bawean yang ada di Kota Tanjungpinang khususnya dan Kepulauan Riau pada umumnya untuk peduli dan meringankan beban saudara kita yang berada di Pulau Bawean. Penggalangan dana sosial gempa Bawean ini sukses dilaksanakan berkat sinergitas Kecamatan Koorlap Kota, Kecamatan Koorlap Timur, Kecamatan Koorlap Barat, dan Kecamatan Koorlap Bestari. Atas kepedulian warga Bawean yang ada di Kota Tanjungpinang dan Kepri berhasil mengumpulkan dana bantuan sosial kemanusiaan sebanyak Rp 15.500.000.-

Hasil penggalangan dana bantuan tersebut, akan disalurkan melalui oleh saudara Sufairi selaku Tim Berita Bawean secara langsung “Door to Door kepada korban terdampak gempa di dua kecamatan.

Semoga bantuan ini bermanfaat dan sedikit membantu beban dari masyarakat Pulau Bawean yang terdampak bencana alam. Ia, berterima kasih kepada pihak-pihak terkait dan warga Bawean di Kota Tanjungpinang atas kepeduliannya yang telah memberikan bantuan gempa Bawean”, pungkas Nasiruddin.

Sekedar diketahui, bantuan ini secara simbolis diserahkan oleh Tokoh masyarakat Bawean Tanjung Pinang kepada Nasiruddin Ketua Himpunan Keluarga Bawean (HIKAB) Kota Tanjungpinang untuk disalurkan kepada masyarakat Pulau Bawean terdampak gempa bumi. (FR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here