Home Berita Danrem 072/Pamungkas Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 Wilayah Jawa

Danrem 072/Pamungkas Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 Wilayah Jawa

40
0

Sleman,Peloporkrimsus.com – Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si. mengikuti Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 Wilayah Jawa, bertempat di Hotel Royal Ambarukmo, Sleman Yogyakarta, Rabu 21 Agustus 2024

Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, S.I.P, yang diikuti oleh Gubernur, Pangdam, Kapolda, Danrem, Bupati/Walikota, Dandim, Kapolres, Kaban Kesbangpol, Ketua KPU Kabupaten & Provinsi, Ketua Bawaslu Kabupaten & Provinsi wilayah Jawa, dan undangan lainnya.

Menkopolhukam Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, S.I.P, dalam sambutannya menyampaikan, ada tiga unsur yang mempengaruhi penyelenggaraan pilkada serentak agar berjalan dengan baik.

”Kegiatan Rakor ini sudah dilaksanakan sebanyak lima kali, di Jayapura, Makassar, Sumut (Medan), Bali dan Yogyakarta. Jawa menjadi penting karena lebih dari 50% total DPT ada di Jawa. Sehingga kita perlu satu langkah strategis, dengan satu sinergitas antara pemerintah, penyelenggara pemilu dan peserta pemilu. Tiga unsur ini harus kuat sinergitasnya dan koordinasi nya agar berjalan aman dan lancar,” terangnya.

Tahapan Pilkada telah dimulai, seluruh tahapan akan terus bergulir hingga pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan suara. Hadi berharap, untuk mewujudkan pilkada aman dan damai, perlu menjaga stabilitas politik, hukum dan keamanan, serta tetap terjaga netralitas ASN maupun TNI/Polri.

”Kita semua berharap pilkada serentak akan berjalan lancar dan aman, tidak ada kendala dalam pelaksanaannya. Untuk dapat mewujudkan pilkada yang aman dan damai, yang perlu dijaga adalah stabilitas politik, hukum, dan keamanan. Tetap jaga netralitas TNI /Polri dan ASN, yang harus ditanamkan dalam masing-masing individu,” imbuhnya.

Rakor tersebut menghadirkan Narasumber antara lain Pangkogabwilhan II Marsdya TNI M. Khairil Lubis, Asops Kapolri Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca, Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsan Siburian, Bawaslu RI Dr (C) Puadi, SPd, MM, Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin dan Plh Dirjen Bina Keuangan daerah Kemendagri Dr. Drs. Horas Maurits Panjaitan ,M, Ec.Dev (her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here