Home Berita Diskumdagri Tanah Bumbu Serius Kembangkan UMKM, Siapkan Rumah Oleh-oleh Bersujud (ROB) untuk...

Diskumdagri Tanah Bumbu Serius Kembangkan UMKM, Siapkan Rumah Oleh-oleh Bersujud (ROB) untuk Dukung Produk Lokal

39
0

Batulicin,Peloporkrimsus.com –
Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (Diskumdagri) Kabupaten Tanah Bumbu terus menunjukkan keseriusan dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah. Langkah ini diambil untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional serta memberdayakan masyarakat melalui penyediaan lapangan kerja (01/10/2024).

Kepala Diskumdagri Kabupaten Tanah Bumbu, Hamaluddin Tahir, menyatakan optimisme terhadap peningkatan UMKM di daerah tersebut. Menurutnya, perkembangan ini tidak lepas dari dukungan pembinaan dan fasilitas yang diberikan pemerintah daerah dalam mendorong produk lokal.

“Salah satu upaya konkret yang kami lakukan adalah segera meluncurkan Rumah Oleh-oleh Bersujud (ROB), yang akan menjadi wadah bagi pelaku UMKM dalam memasarkan produk unggulan mereka,” ungkap Hamaluddin.

Selain itu, pemerintah juga telah menghadirkan Rumah Kemasan, yang berfungsi sebagai pusat pengembangan produk, baik makanan maupun kerajinan, guna meningkatkan kualitas dan daya saing produk lokal.

“Kami berharap produk UMKM di Tanah Bumbu dapat naik kelas, dengan memperbaiki kualitas dan kemasannya,” tambahnya.

Pengembangan UMKM ini juga melibatkan sektor industri kecil menengah (IKM) yang menjadi tulang punggung produksi untuk pasar lokal hingga nasional. Kepala Bidang Perindustrian Diskumdagri Tanah Bumbu, Hj. Sri Minarni, menekankan pentingnya pembinaan yang komprehensif, tidak hanya fokus pada produk akhir, tetapi juga pada proses pengolahan dan pemilihan bahan produksi.

“Pendampingan dan pembinaan terus kami lakukan, terutama dalam aspek pengolahan dan kualitas bahan. Kami juga selalu melibatkan pelaku UMKM dalam berbagai kesempatan untuk meningkatkan keterlibatan mereka,” jelas Sri.

Dengan berbagai upaya ini, Diskumdagri Tanah Bumbu optimis bahwa produk UMKM di wilayahnya memiliki potensi besar untuk bersaing, baik di pasar lokal maupun nasional, dengan dukungan penuh dari pemerintah daerah.”(Team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here