Home Berita Bupati Tanah Bumbu Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila: Mengajak Generasi Muda Pertahankan...

Bupati Tanah Bumbu Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila: Mengajak Generasi Muda Pertahankan Ideologi Pancasila

66
0

BATULICIN,peloporkrimsus.com – Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober berlangsung khidmat di halaman Kantor Bupati Tanah Bumbu, Selasa (1/10/2024) pagi. Bupati Tanah Bumbu, Abah Zairullah Azhar, diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Ambo Sakka, memimpin upacara tersebut sebagai inspektur upacara.

Dengan mengusung tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas,” upacara ini dihadiri oleh berbagai kalangan pejabat daerah, termasuk unsur Forkopimda, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, Camat, ASN, pelajar, serta jajaran Badan Kesbangpol selaku penyelenggara.

Acara dimulai dengan mengheningkan cipta yang dipimpin langsung oleh Sekda Ambo Sakka, dilanjutkan dengan pembacaan Naskah Pembukaan UUD 1945 oleh Anggota DPRD Tanah Bumbu, Andi Asdar Wijaya. Kemudian, Ketua DPD KNPI Tanah Bumbu, Andi Rustianto, membacakan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila yang menegaskan tekad bangsa Indonesia untuk terus mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi momen bersejarah yang mengingatkan masyarakat akan pengorbanan para pahlawan revolusi yang gugur dalam tragedi Gerakan 30 September (G30S) 1965. Lebih dari sekadar seremoni, upacara ini juga menjadi ajakan bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama generasi muda, untuk senantiasa mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan berlandaskan pada ideologi Pancasila.

Dalam sambutannya, Sekda Ambo Sakka menyampaikan pesan penting untuk seluruh masyarakat, “Kita sebagai penerus bangsa harus selalu siap menjaga persatuan dan kesatuan. Nilai-nilai Pancasila harus menjadi pedoman dalam setiap aspek kehidupan, agar kita terhindar dari paham-paham yang bertentangan dengan ideologi negara.”

Ia juga menambahkan bahwa dengan semangat Pancasila, bangsa Indonesia dapat mewujudkan cita-cita besar menuju Indonesia Emas. “Dengan mempertahankan Pancasila, kita menjaga masa depan bangsa dan generasi berikutnya,” tegasnya.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini diharapkan mampu membangkitkan kesadaran kolektif masyarakat dalam mempertahankan ideologi Pancasila di tengah tantangan globalisasi dan ancaman paham-paham yang dapat merongrong kedaulatan bangsa.(Team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here