Home Berita Korem 072/Pamungkas Gelar Upacara Peringatan HUT Ke-79 TNI

Korem 072/Pamungkas Gelar Upacara Peringatan HUT Ke-79 TNI

33
0

Yogyakarta,peloporkrimsus.com – Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si., memimpin upacara Peringatan HUT ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Tahun 2024 di lapangan upacara Makorem 072/Pamungkas, Jalan Reksobayan No. 4, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Sabtu, 5 Oktober 2024

Danrem 072/Pamungkas saat membacakan amanat Panglima TNI menyampaikan bahwa peringatan HUT TNI tahun ini mengusung tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”, yang mencerminkan cita-cita, semangat, dan tujuan TNI sebagai prajurit yang profesional, responsif, integratif, modern, serta adaptif dalam menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara. Tema ini juga menjadi wujud tekad dan komitmen TNI dalam mendukung percepatan pembangunan nasional di tengah dinamika lingkungan strategis global, regional, dan nasional.

Danrem juga menyampaikan rasa hormat dan apresiasi kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi dan integritas yang telah ditunjukkan dalam menjalankan tugas. Berkat kerja keras ini, TNI terus mendapat kepercayaan dan tempat di hati rakyat. Namun demikian, beliau mengingatkan agar jangan lengah atau merasa puas. Masih banyak hal yang perlu dibenahi agar TNI terus menjadi penjaga utama kedaulatan negara serta pelindung bangsa dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai ancaman.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Presiden RI, Bapak Ir. H. Joko Widodo, atas dedikasi dan kerja kerasnya selama 10 tahun masa kepemimpinan. Danrem berharap, pengalaman serta pelajaran dari Presiden Jokowi dapat menjadi teladan bagi generasi penerus TNI. Selain itu, sambutan hangat diberikan kepada Presiden RI terpilih, Bapak Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto. Dengan kepemimpinan beliau, diharapkan TNI akan semakin kuat dan dihormati, serta dapat membawa perubahan positif bagi kemajuan TNI dan seluruh rakyat Indonesia. Danrem pun berdoa agar Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberkati Presiden terpilih beserta seluruh rakyat Indonesia.

Dalam menghadapi masa transisi pemindahan Ibu Kota Negara serta pergantian kepemimpinan bangsa, Danrem mengingatkan seluruh prajurit TNI untuk tetap waspada dan tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu provokatif yang dapat merusak soliditas TNI, menghancurkan sinergi dengan lembaga lain, dan meretakkan hubungan yang telah terjalin erat antara TNI dan rakyat.

Danrem menegaskan kepada seluruh prajurit untuk memperkokoh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memperkuat soliditas TNI, serta menjaga kemanunggalan TNI dengan rakyat. Prajurit juga diharapkan meningkatkan kewaspadaan, profesionalisme, dan kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin kompleks. Dalam konteks Pilkada Serentak, Danrem mengingatkan pentingnya menjaga netralitas TNI, termasuk dalam penggunaan media sosial. Ia juga menekankan pentingnya membangun koordinasi dengan pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana serta membantu rakyat di daerah tugas. Tugas harus dijalankan dengan ikhlas, menghindari pelanggaran hukum, dan senantiasa berorientasi pada kepentingan rakyat, bangsa, dan negara.

Turut hadir dalam upacara tersebut, para Kasi Korem 072/Pamungkas, Dan/Ka Satdisjan jajaran Korem 072/Pamungkas serta seluruh prajurit dan PNS Makorem 072/Pamungkas. (her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here