Home Berita Antisipasi Banjir, Warga Bersama Babinsa Kerja Bakti Perbaiki Tanggul

Antisipasi Banjir, Warga Bersama Babinsa Kerja Bakti Perbaiki Tanggul

318
0

Candi Sidoarjo, PH-Krimsus : Musim penghujan sudah mulai tiba. Sejumlah tempat di wilayah Koramil 02/Candi mulai terdapat genangan air. Meskipun tidak lama genangan itu akan hilang. Khususnya diwilayah bagian timur Kec Candi.

Untuk mengantisipasi curah hujan yang tinggi dan mencegah banjir datang, masyarakat yang dipimpin Kepala Desa Bligo Bapak Sya’roni bersama Babinsa Desa Bligo Kec Candi Serda Dimyati melaksanakan kerja bakti memperbaiki tanggul sungai kedung wuling, Minggu (26/11).

Tanggul sungai kedung wuling yang di perbaiki berada di wilayah Rt 08/03, ada beberapa titik yang kondisinya sangat kritis sepanjang sekitar 10 m, bahkan ada yang sudah amblas sehingga air meluber melewati tanggul. Dikhawatirkan apabila hujan terus turun maka bisa di pastikan sebagian Desa Bligo dan Desa Wedoro Kec Candi akan terendam banjir.

Selama ini sudah terpantau ada beberapa titik tanggul yang sudah kritis akibat terkikis air. Karena aliran sungai yang membelah Desa Bligo ini tergolong deras dan besar. Kondisi ini sebenarnya oleh pihak desa sudah pernah dilaporkan ke dinas terkait tetapi sampai saat ini belum ada tindak lanjut.

Masyarakat bersama Babinsa, mengisi kantong plastik /karung dengan pasir sebagai penguat tanggul guna menahan luberan air sungai kedung wuling. Dengan menata ditempat tempat yang rawan jebol. Tujuannya agar, ketika hujan turun, air tersebut tidak meluber ke pemukiman dan juga kepersawahan milik warga.

Kerja bakti penguatan tanggul ini tidak membutuhkan waktu lama karena partisipasi seluruh warga didukung oleh Babinsa. “Semua saling bahu membahu serta berkat dukungan semua pihak sehingga pekerjaan cepat selesai” ujar Kepala Desa Bligo.

Dia menambahkan, pengerjaan penguatan tanggul harus segera dilakukan karena ancaman sudah didepan mata. Jangan sampai mengakibatkan kerugian lebih besar yang akan dialami oleh masyarakat.

Sementara itu Babinsa Desa Bligo berharap agar masyarakat tetap waspada dengan kondisi akhir akhir ini. Selalu adakan kordinasi dengan pemerintahan desa termasuk dengan Babinsa agar setiap permasalahan dapat dicarikan jalan keluarnya. Koramil 02/Candi dalam hal ini selalu siap 1Ă—24 jam, karena di Koramil sudah berdiri posko bencana alam guna mengantisipasi setiap perkembangan situasi di wilayah bila terjadi bencana khususnya banjir, longsor, puting beliung dan lain lain. Zay/Red.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here