Home Berita ANTISIPASI DEMAM BERDARAH PUSKESMAS MELAKSANAKAN FOGGING DI SDN GANGGANG PANJANG.  

ANTISIPASI DEMAM BERDARAH PUSKESMAS MELAKSANAKAN FOGGING DI SDN GANGGANG PANJANG.  

5377
0

Sidoarjo, PH-Krimsus : Pada hari Saptu tanggal 20 Januari 2018 telah dilakukan kegiatan Fogging oleh Puskesmas Tanggulangin di SDN GANGGANG PANJANG DAN FASILITAS UMUM -Musollah, poskesdes , pos keamanan , kantor Desa,Tk Darmawanita Dan tempat umum lainya DI Desa ganggang panjang Tanggulangin kabupaten sidiarjo. Dalam Kegiatan ini bertujuan sebagai langkah mengendalikan populasi nyamuk pada tempat-tempat yang memungkinkan berkembang biaknya Nyamuk Aedes Aegypty khususnya dimusim hujan seperti sekarang ini.

Sebagai mana diketahui bahwa, Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit menular dan endemis di Indonesia. Penyakit ini termasuk penyakit yang banyak menimbulkan keresahan di masyarakat karena tingginya angka kesakitan yang ditimbulkan serta kematian dalam waktu yang singkat. Penyakit ini sendiri menyebar luas dan berjangkit di seluruh wilayah provinsi di Indonesia. Oleh karena itu untuk mencegah penyakit ini, diperlukan peran serta masyarakat dan pejabat pemerintah dan Babinsa dalam membasmi jentik/ nyamuk penularannya ( AedesAegypti ) atau dikenal dengan istilah pemberantasan sarang Nyamuk Demam Berdarah Dangue ( PSN DBD).

Salah satu jalan untuk menurunkan angka insiden penyakit DBD adalah mencegah wabah DBD didasarkan pada pengendalian vektor yaitu dengan fogging, fogging bertujuan untuk membunuh sebagian besar vektor infektif dengan cepat, sehingga rantai penularan segera dapat diputuskan. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menekan kepadatan vektor selama waktu yang cukup sampai dimana pembawa virus tumbuh sendiri.

kasi kesra iksanudin menyampaikan dalam Pelaksanaan fogging atau pengasapan oleh pihak Puskesmas Tanggulangin dilaksanakan secara berkeliling di Tempar tempat umum, sekolahan dan perkantoran ataupun tempat umum lainnya guna memberantas sarang nyamuk anopheles penyebab penyakit malaria. Ujar kasi kesra Desa ganggang panjang kecamatan Tanggulangin. selaku koordinator kegiatan fogging Dari Puskesmas Tanggulangin. Dan Begutu juga Danramil 0816/ 06 Tanggulangin Kapten Inf Dwi Umiyanto yang di wakili oleh Babinsa sersan muhammad Suni yang ikut mendampingi dan membantu dalam pelaksanaan kegiatan fogging di desa Binaanya
Dan disampaikan kepada para warga supaya ikut membantu Puskesmas dalam program penangulangan penyakit malaria di Desa Binaannya, hal ini untuk membantu apabila di butuhkan sebagai bentuk dukungan dalam pelaksanaan program tersebut.

Apabila ditemukan warga yang positif terjangkit malaria maka akan segera ditangani oleh petugas medis dari Puskesmas Tanggulangin, Begitu yang di sampaikan oleh babinsa muhammad Suni.

(lis/Zeey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here