Home Berita Dandim letkol.CPN.H. Rahmat Trianto Disambut Antusias Oleh Warga Manunggal

Dandim letkol.CPN.H. Rahmat Trianto Disambut Antusias Oleh Warga Manunggal

700
0

Tanah Bumbu kal -sel,peloporkrimsus.com –  Dandim 1022 TNB, H Rahmat Trianto membaur bersama warga Desa Manunggal.
Baju lorengnya kontras diapit berbagai busana adat. Dengan Rasa bangga Dandim Letkol. CPN. H. Rahmat Trianto menunjuk Desa Manunggal sebagai Kampung Pancasila. Miniatur nusantara di Karang Bintang.

Pada suasana yang akrab serta dihadiri oleh berbagai kalangan didesa Manunggal, Selasa (12/4) pagi. Diantaranya, Bupati HM Zairullah Azhar serta Kapolres AKBP Tri Hambodo pun turut berhadir.

Disaat masuk ke Desa Manunggal mereka disambut dengan lantunan sholawat. Begitu juga saat di panggung acara ,mata dimanjakan dengan beragam warga mengenakan busana adat.

“Walau hanya desa, tapi di sini beragam suku dan agama hidup berdampingan dengan Rukun sejak lama,” ucap Dandim.

Pada momen yang sama Bupati Abah HM .Zairullah Azhar meresmikan Desa Manunggal sebagai Kampung Pancasila, Kemesraan dalam perbedaan yang ditunjukkan Manunggal, membuat namanya didaulat menyandang gelar Kampung Pancasila. Sebuah gagasan pengembangan konsep lingkungan budaya berbasis Pancasila.

“Program ini merupakan gagasan dari Jenderal Dudung,” tuturnya.

Lanjut Dandim, selain Manunggal juga ada 11 desa lainnya di tiap kecamatan di Tanah Bumbu. Yang diberikan predikat Kampung Pancasila.

Bukan sekadar nama, tapi menjadi kerja bersama. Kembali menanamkan nilai luhur Pancasila, khususnya untuk generasi milenial.

Lanjutnya, Kita tahu, era globalisasi sekarang, generasi kita rentan kehilangan jati diri. Itulah salah satu alasan dibuat Kampung Pancasila,” bebernya.

Nanti para tentara yang tinggal di desa -biasa disebut Pak Babinsa- akan menggerakkan Karang Taruna. Kembali menggelorakan nilai-nilai budaya luhur nusantara.

“Seperti kata Cak Nun. Kita ini bangsa besar. Nilai-nilai kebudayaan kita amat tinggi. Sayang kalau anak muda malah berkiblat ke budaya populer yang pragmatis.”

Bupati Abah HM. Zairullah Azhar tampak kagum dan mengapresiasi juga memberikan pujian. Melihat konsep Kampung Pancasila.

“Inilah desa yang penuh dengan cinta damai “ujarnya.

Mendaulatnya-jadi-kampung-pancasila,.
Bupati Tanah Bumbu HM.Zairullah Azhar dalam sambutanya mengatakan mudah -mudahan pertemuan ini bisa pererat silaturahmi tidak saja dalam konteks pemerintahan tetapi juga antara individu.

Bupati Tanah Bumbu HM.Zairullah Azhar berterima kasih kepada Dandim ,kerena Tanah Bumbu luar biasa Aman dan stabil, hal ini tidak mungkin tanpa bantuan TNI dan polri serta dukungan masyarakat.

Bupati berharap,semoga kegiatan ini bisa mendekatkan jiwa silaturahmi,Taqwa menuju kabupaten Tanah Bumbu yang Aman ,damai dan sejuk “pungkasnya. (Team)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here