Home Berita Gekrafs Kalsel Siap Kawal Event MICE, Haul Terbesar di Dunia

Gekrafs Kalsel Siap Kawal Event MICE, Haul Terbesar di Dunia

3208
0

Banjarmasin,peloporkrimsus.com – Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menjelaskan beberapa poin utama untuk mengembangkan potensi wisata di Kalimantan Selatan (Kalsel). Hal ini disampaikannya dalam upaya membangkitkan dan memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menuju tatanan ekonomi baru pascapandemi saat menghadiri acara KolaborAksi dengan Gubernur, Bupati/Walikota se Kalimantan Selatan di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Menteri Sandi menjelaskan Kalimantan Selatan saat ini sedang menuju dari ekonomi ekstraktif ke ekonomi kreatif. Untuk itu, peran Pemerintah Pusat mendukung upaya pemerintah daerah untuk kembali bangkit pascapandemi.

“Kami mendorong program unggulan tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu serta pemulihan sektor ekonomi dan pariwisata melalui digitalisasi. Pendampingan beberapa event daerah dan program revitalisasi sarana dan prasarana dalam upaya membangkitkan dan memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” katanya.

Menparekraf juga mendukung event Haul Guru Abah Sekumpul 2022. Pada event ini jutaan orang akan datang dalam festival bersedekah tersebut. Di mana masyarakat yang datang akan berlomba-lomba memberikan sedekah, membagikan makanan dan air mineral.

“Kalau ini kita buat kemas, semoga bisa menjadi event MICE, yaitu haul terbesar di dunia,” kata Sandi.

Sejalan dengan yang disampaikan oleh Menparekraf Gekrafs Kalsel mendukung penuh terselenggaranya kembali Haul sekumpul Martapura. Dengan acara tersebut dapat menumbuhkan usaha ekonomi baru dan peluang kerja baru dan menjadikan salah satu destinasi wisata religi yang dimiliki Kalsel, hal tersebut juga sangat sejalan dengan poin visi dan misi Gekrafs Kalsel.

“Kami dari Gekrafs Kalsel mendukung apa yang disampaikan Sandiaga Uno, menjadikan sektor pariwisata tradisional sebagai gerbang industri ekonomi kreatif, guna meningkatkan potensi budaya dan industri kreatif lainnya yang maju dan berdaya saing untuk menghadapi persaingan ekonomi global yg berbasis digital dan ekonomi kreatif. Kami dari Gekrafs Kalsel juga siap menjadi narahubung atau media bagi para pelaku usaha kreatif dan UKM, sehingga mampu berkolaborasi dengan Stake holder dan Pemerintah untuk membangkitkan Ekonomi kreatif dan Pariwisata”, ujar Hendra selaku Ketua Formatur Gekrafs Kalsel.

Disampaikan terpisah oleh Hendra sebagai Ketua formatur Gekrafs Kalsel bahwa kepengurusan DPW Gekrafs Kalsel sudah terbentuk dengan komposisi kepengurusan yaitu Ketua Andi Fitri, Sekretaris Hendra Cipta Surya dan Bendahara Yogi Adhiatma. Dia menyampaikan dalam waktu dekat kepengurusan ini akan segera dilantik dan rencananya akan dihadiri oleh Sandiaga Salahuddin Uno langsung. (Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here