Home Berita Idul Adha Babinsa Berbaur dan Bantu Warga Potong Hewan

Idul Adha Babinsa Berbaur dan Bantu Warga Potong Hewan

495
0

Sidoarjo kota, PH-Krimsus : Dalam rangka merayakan hari raya Idhul Adha di desa binaan, Pelda Sutikno Babinsa Bluru Kidul Koramil 01/Sidoarjo kota berbaur dan membantu pemotongan hewan qurban warga Desa Bluru Kidul  Kecamatan Sidoarjo kota, Jum’at (1/09/2017)

Dalam kesempatan tersebut Pelda Sutikno menjelaskan bahwa, di hari Idul Adha ini, bagi umat Islam yang mampu dianjurkan untuk menyembelih binatang kurban. Pada dasarnya, penyembelihan binatang kurban ini mengandung dua nilai yakni kesalehan ritual dan kesalehan sosial.

Kesalehan ritual berarti dengan berkurban, kita telah melaksanakan perintah Tuhan yang bersifat transedental. Kurban dikatakan sebagai kesalehan sosial karena selain sebagai ritual keagamaan, kurban juga mempunyai dimensi kemanusiaan.

Bentuk solidaritas kemanusiaan ini termanifestasikan secara jelas dalam pembagian daging kurban. Perintah berkurban bagi yang mampu ini menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang respek terhadap fakir-miskin dan kaum dhu’afa lainnya.

Dengan disyari’atkannya kurban, kaum muslimin dilatih untuk mempertebal rasa kemanusiaan, mengasah kepekaan  terhadap masalah-masalah sosial, mengajarkan sikap saling menyayangi terhadap sesama.

Sementara itu, Ketua Rw 014 Bluru Kidul, Sidoarjo kota bpk Sudarsono, sangat mengapresiasi kehadiran babinsa yang mau berbaur dengan warga dalam kegiatan ini, sehingga kegiatan penyembelihan hewan kurban ini dapat berjalan dengan lancar.**Zay

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here