Home Berita Jelang Pemilu 2024, Wabup Gresik Berharap KPU Kejar Transparansi Kepada Publik.

Jelang Pemilu 2024, Wabup Gresik Berharap KPU Kejar Transparansi Kepada Publik.

2
0

Gresik,peloporkrimsus.com – Keterbukaan informasi publik menjelang musim Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang, menjadi topik utama yang diantisipasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) seluruh Indonesia, salah satunya Provinsi Jawa Timur (Jatim) dan Kabupaten Gresik. Sesuai dengan Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, menyatakan setiap badan publik untuk membuka akses informasi bagi setiap pemohon informasi dari publik kecuali beberapa informasi tertentu.

Dengan dasar tersebut, KPU Provinsi bersama 38 KPU Kota atau Kabupaten se-Jawa Timur, bersama-sama meningkatkan pengelolaan informasi publik lewat Bimbingan Teknis (Bimtek) keterbukaan informasi publik dalam penyelenggaraan tahapan Pemilu tahun 2024, yang digelar di aula Mandala Bhakti Praja Kantor Bupati Gresik, Kamis (22/9/2022).

Bimtek kali ini menghadirkan Ketua KPU Jatim Choirul Anam, Sekretaris KPU Jatim Nanik beserta anggota, serta 3 perwakilan dari 38 KPU kota atau kabupaten se- Jatim.

Perwakilan dari KPU Kota atau Kabupaten tersebut terdiri dari Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih, Parmas, dan SDM), Kepala Sub Bagian Teknis Pemilu dan Hubungan Masyarakat (Kasubag Tekmas), Operator Pejabat Pengelola Informasi serta Dokumentasi (PPID).

Wakil Bupati Gresik Hj. Aminatun Habibah mengatakan, penyelenggaraan Bimtek kali ini harus menghasilkan transparansi informasi ke publik. Menurutnya saat ini informasi sudah harus dengan mudah didapatkan terutama dalam kaitannya dengan Pemilu 2024 mendatang.

Bu Min panggilan akrab Wakil Bupati Gresik juga menambahkan, akan mensupport segala macam kegiatan yang berhubungan dengan KPU Gresik. Ia inginkan agar nantinya KPU Gresik dapat bekerja secara maksimal dalam menjalankan tugas-tugasnya.

“Menjelang penyelenggaraan tahun 2024, tentu saja membutuhkan pikiran dan tenaga, termasuk kami juga menyediakan anggaran untuk itu semua, sehingga nanti dalam penyelenggaraan KPU terutama dalam hal keterbukaan informasi publik, semakin membuka wawasan kepada seluruh masyarakat bahwa sudah tidak ada lagi informasi yang perlu disembunyikan,” katanya.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam yang membuka Bimtek kali ini mengatakan, pelaksanaan Bimtek pertama tahun ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keterbukaan informasi publik sejak awal.

“Kegiatan ini merupakan yang pertama dalam tahun ini dengan harapan, kedepannya KPU dapat menerapkan 3 nafas utama yaitu integritas, profesionalitas, dan akuntabilitas” katanya.

Ia merasa dalam tahapan menuju Pemilu 2024, kinerja KPU dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat harus lebih serius lagi. Tujuannya agar masyarakat dapat mencari informasi secara mandiri dan tepat sasaran.

“Ketika kemudian kepercayaan publik terhadap KPU semakin tinggi, tentu hasil dari KPU menjadi lebih legitimate, ” ucapnya.

Lebih lanjut, Anam juga menambahkan keterbukaan ini juga akan didukung dengan penyebaran informasi melalui media-media umum seperti website dan media sosial.

Dilanjut dengan sambutan dari Ketua KPU Gresik Akhmad Roni yang juga hadir saat itu memberikan apresiasi terhadap Bimtek kali ini. Ia mengatakan KPU Gresik juga berusaha menyamakan persepsi terkait keterbukaan informasi publik di Gresik.

“Jadi, dengan adanya Bimtek ini KPU Kabupaten Gresik semakin bisa memahami terkait dengan bagaimana informasi publik itu bisa diakses oleh publik dengan ketentuan yang berlaku sesuai undang-undang,” Tutup Akhmad Roni. Kamis (22/9/2022). (Fairi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here