Home Berita Kabupaten Tanah Bumbu Jadi Tuan Rumah Raker FKPPD: Sinergi Meningkatkan Pendapatan Daerah

Kabupaten Tanah Bumbu Jadi Tuan Rumah Raker FKPPD: Sinergi Meningkatkan Pendapatan Daerah

3432
0

Tanah Bumbu,peloporkrimsus.com – Selasa, 17 Oktober 2023 – Kabupaten Tanah Bumbu telah menjadi tuan rumah bagi Rapat Kerja Forum Komunikasi Pengelola Pendapatan Daerah (FKPPD) se-Kalimantan Selatan. Acara tersebut dihadiri oleh peserta dari 13 Kabupaten/Kota se-Kalsel serta perwakilan dari Provinsi Kalimantan Selatan. Raker ini digelar dengan megah di Pandopo Serambi Madinah, yang berada di kawasan Kantor Bupati Tanah Bumbu pada Kamis (12/10/2023).

Pembukaan acara Raker FKPPD dilakukan oleh Bupati Tanah Bumbu, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Bumbu, Ambo Sakka. Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Bersinergi Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah sebagai Penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Baru.” Acara ini diadakan setiap tiga bulan sekali, dan saat ini, giliran Tanah Bumbu menjadi tuan rumah.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Tanah Bumbu, Eryanto Rais, menjelaskan bahwa materi yang dibahas dalam pertemuan ini mencakup optimalisasi pungutan pajak baik dari pusat maupun daerah. Hal ini dicapai melalui kerjasama erat antara Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, serta Pemerintah Kabupaten dan Kota.

Sekda Ambo Sakka dalam sambutannya mengungkapkan bahwa menjadi tuan rumah kegiatan FKPPD adalah sebuah kehormatan bagi Kabupaten Tanah Bumbu. Ia menyoroti alasan di balik pemilihan Tanah Bumbu sebagai lokasi acara ini, yaitu letak geografisnya yang strategis dan kedekatannya dengan Ibu Kota Negara (IKN).

“Tanah Bumbu berada pada posisi strategis dan dekat dengan IKN. Jadi, siapa pun yang melewati Tanah Bumbu akan memberikan peluang dan dampak ekonomi bagi daerah ini,” ujarnya.

Acara Raker FKPPD ini tidak hanya menjadi forum untuk berdiskusi mengenai peningkatan pendapatan daerah tetapi juga memperkuat sinergi antara berbagai kabupaten/kota di Kalimantan Selatan dalam mendukung pembangunan nasional. (Nata/team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here