Home Berita Karang Taruna Desa Roka, Helat Festival Jompa

Karang Taruna Desa Roka, Helat Festival Jompa

349
0

Bima, Peloporkrimsus.com – Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE membuka secara resmi kegiatan festival Kampung Jompa yang dilaksanakan oleh karang taruna desa Roka Kecamatan Belo yang dilangsungkan di DAM Desa Roka Kecamatan belo pada hari Jum’at (22/3), menyampaikan bahwa dengan adanya festival seperti ini dalam rangka melestarikan budaya Lokal Lewat Generasi Berbudaya, dari festival ini masyarakat akan mengetahui berbagai macam budaya yang dimiliki oleh daerah kita sehingga generasi muda kita akan mengetahui aneka ragaman budaya yang dimiliki oleh daerah kita.
Oleh karena itu melalui kegiatan festival yang dilaksanakan ini sebagai upaya Pelestarian budaya untuk mempertahankan nilai-nilai seni budaya, nilai tradisional dengan mengembangkan perwujudan  yang bersifat dinamis, luwes dan selektif, serta menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang selalu berubah dan berkembang. Salah satu tujuan diadakannya pelestarian budaya adalah juga untuk melakukan revitalisasi budaya (penguatan). Maka dari itu festival budaya sebagai salah satu sarana komunikasi yang merupakan salah satu sarana penting yang dapat digunakan sebagai media pelestarian budaya. Sebagai sebuah peristiwa budaya, festival memiliki warna-warni ragam dan intensitas dramatik dari berbagai aspek dinamika, seperti misalnya estetika yang dikandungnya, berbagai tanda dan makna yang melekat, “akar” sejarah serta keterlibatan para penutur aslinya. Secara kebetulan hal ini juga telah melekat dalam daya tarik nostalgia masa silam yang dikemas dalam bentuk paket-paket wisata budaya dan kini telah menarik berbagai pengunjung dari berbagai belahan bumi ini.

Melalui kegiatan ini anak – anak muda kita dapat mengkreasikan seni dan budaya yang ditunjukan dalam rangka mendukung pelaksanaan festival jompa, sehingga para generasi muda dapat mengembangkan bakat, dan seni yang dimiliki untuk dikembangkan sekaligus kegiatan ini merupakan sarana dan prasarana pencegahan terkait dengan hal – hal yang dapat merusak generasi muda kita seperti narkoba dan lain sebagainya.

Selain digelarnya festival jompa ini, Keberadaan Embung DAM ROKA merupakan salah satu destinasi wisata yang perlu dikembangkan sehingga melalui kegiatan ini sedikit tidaknya masyarakat akan menikmati keindahan embung DAM ROKA yang sangat kita banggakan.

Bupati berharap melalui festival yang digelar ini sebagai salah satu upaya pelestarian budaya yang kita miliki sehingga kita selaku warga masyarakat dapat mendukung pelaksanaan even ini demi memperkenalkan budaya yang kita miliki di masyarakat maupun generasi muda kita.

Ketua panitia pelaksana Iksan mengatakan bahwa atas nama ketua panitia pelaksana kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE yang telah mendukung pelaksanan festival ini, sehingga dari kegiatan ini kami selaku ketua panitia mengelar kegiatan dalam rangka mempromosikan budaya yang dimiliki daerah kita.

Kegiatan maupun item kegiatan yang kami laksanakan ini Berupa kegiatan kareku kandei, kareku nocu, dzikir hadra, tari tradisional, tari kreasi, bazar dan pameran, dimana kegiatan ini dilaksanakan mulai dari tangal 22 s/d 24 maret 2019 di embung DAM ROKA.

Momentum ini Bupati Bima mencoba alat tradisional berupa kareku kandei yang merupakan salah satu alat tradisional yang dimiliki oleh warga masyarakat yang disaksikan oleh para tamu undangan yang menghadiri kegiatan tersebut. Sekaligus menyerahkan bantuan pribadi uang tunai sebesar 3 Juta kepada panitia pelaksana dalam rangka mendukung festival jompa tersebut.

Pada kesempatan itu juga pihak panitia juga menyerahkan lukisan bergambar wajah Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE sebagai bentuk apresiasi kawula muda roka atas dedikasi dan dukungan dari pelaksanaan festival ini. (Rif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here