Home Berita Lakspedam PCNU Bima, Berikan Pelayanan Terpadu di Desa Oi Bura

Lakspedam PCNU Bima, Berikan Pelayanan Terpadu di Desa Oi Bura

3475
0

Bima, Peloporkrimsus.com – Program peduli sesama kembali galakan oleh Lakspedam PCNU Kabupaten Bima. pemberian ini dalam rangka memfasilitasi pelayanan terpadu masyarakat Desa Oi bura Kecamatan Tambora Kabupaten Bima, dalam program ini mengandeng Pengadilan Negeri Agama Bima, Kemenag Bima dan Dinas Dukcapil Kabupaten.

Kegiatan yang dilaksanakan di kantor desa Oi Bura dihelat pada selasa (30/07/19) beberapa kegiatan yang dihelat berupa Itsbat Nikah atau pembuatan Buku nikah, dan Akta kelahiran anak, Ada pula pelayanan pembuatan identitas kependudukan lainnya oleh Dinas Dukcapil Bima berupa foto KTP, pembuatan KK, Akta Kelahiran dan dokumen kependudukan lainnya.

“Kegiatan ini upaya menjawab atas kebutuhan warga Desa Oi Bura yang selama ini terkendala jarak yang terlampau jauh dari lokasi Instansi publik seperti PA dan Dukcapil, “Tutur Rahmat hidayat, S.Sos,M.A selaku Project Ofdocer (po) program peduli saat dikonformasi wartawan via handphone.

Selain itu, dirinya menyebutkan selama ini ada semacam hambatan warga untuk mengurus sejumlah dokumen identitas hukum mereka, karena ada anggapan birokrasinya kita terlalu berbelit-belit dan berbiaya dinilai mahal sehingga memberatkan.

Berangkat dari itu Lakpesdam PCNU Kabupaten Bima hadir untuk memfasilitasi lewat kegiatan sehari ini telah disahkan sebanyak 29 pasangan suami-istri dan penerbitan ratusan dokumen kependudukan warga desa dan Esok harinya akan dilanjutkan kegiatan yang sama di kantor camat Tambora” Ujar Rahmad Hidayat “Selama ini mereka benar mendapatkan kesulitan untuk pembuatan Akte anak dan dokumen kependudukan lainnya lantaran tidak memiliki Buku nikah.

Berawal dari kenyataan itu, kami dari Lakpesdam PCNU Bima lewat program peduli melaksanakan kegiatan Pelayanan Terpadu untuk meringankan beban masyarakat Oi Bura” ungkap Agus Riawan, S.Pd selaku community officer (CO) Program¬†. Mudah-mudahan di tahun berikutnya kami dapat melakukan kegiatan yang sama untuk desa-desa lainnya di Kecamatan Tambora.” jelas Agus.(Mus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here