Home Berita Nelayan Keluhkan Limbah PKS PT. PESONA LINTASURA SEJATI Magalau Hilir

Nelayan Keluhkan Limbah PKS PT. PESONA LINTASURA SEJATI Magalau Hilir

2
0

Kotabaru,peloporkrimsus.com – Nelayan desa sampanahan hulu kembali keluhkan limbah pabrik kelapa sawit PT. PESONA LINTASURA SEJATI yang masuk ke aliran Sungai Tampakan,(24/11/2022).

Hal ini disampaikan oleh para nelayan yang biasa menangkap ikan di sungai tampakan tersebut, sudah hampir enam bulan sungai tampakan tidak ada ikannya keluh seorang nelayan yang biasa menjaring ikan disana.

Sedangkan untuk mencari ikan diluar alat tangkapnya kurang memadai katanya, bantuan jaring yang dijanjikan pun belum ada padahal katanya usulan mereka sudah disetujui pihak perusahaan imbuhnya, perusahaan sepertinya tidak serius katanya kepada awak media.

Sekarang saja tanggul penahan atau penyaring limbah yang mengalir menuju sungai sudah jebol lagi dan tidak ada tanda mau diperbaiki tambahnya, sedangkan menurut keterangan salah satu warga yang biasa keluar masuk lokasi pabrik tersebut mengatakan kalau malam biasanya kolam pembuangan limbah bisa penuh dan meluber kekolam comberan yang terletak dibelakan kolam kolam sadementasi dan itu langsung mengalir kesakzran buang yang mengarah ke sungai tampakan.

Coba saja bapak cek diblok G 47,48,49 dan 50 yang berada dibelakan tumpukan janjangan kosong disamping pabrik, dimonitor pada saat hujan pasti meluap dan kalau tanggul jebol itu yang bahaya air limbahnya akan masuk kesungai kata masyarakat kepada awak media.

Dan juga banyak janjangan kosong (jankos) yang tidak terangkut katanya, diperkirakan saat ini jankos tersebut sudah pencapai ribuan ton yang seharusnya diangkut, karena kalau hujan ini juga bisa menghasilkan limbah yang airnya mengalir kekolam comberan pungkasnya.(tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here