Home Berita Parade Kapal Hias di Laut Pagatan Meriahkan Puncak Pesta Mappanre Ri Tasi...

Parade Kapal Hias di Laut Pagatan Meriahkan Puncak Pesta Mappanre Ri Tasi E

381
0

Tanah Bumbu Kalsel, peloporkrimsus.com – Pada puncak perayaan Event Budaya Maritim Mappanre Ri Tasi E Tahun 2023, Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah, dan rombongan melaksanakan rangkaian prosesi adat yang spektakuler. Acara ini diwarnai dengan syukuran dan makan bersama melalui parade kapal hias yang berlayar dari Dermaga Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu pada hari Minggu (04/06/2023).

Bupati dan rombongan naik kapal yang dikelilingi oleh berbagai kapal nelayan dan warga setempat yang telah dihiasi dengan warna-warni ceria dan aksesoris menarik.

Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar, menjelaskan bahwa prosesi adat yang dilaksanakan di Laut Pagatan bertujuan untuk mengucapkan doa sebagai ungkapan rasa syukur atas berkah rezeki yang diberikan melalui laut. Ia menekankan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari adat dan budaya yang sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai keagamaan.

“Kegiatan ini membantah tudingan bahwa Mappanre Ri Tasi E diwarnai oleh perbuatan syirik, yang jelas tidak benar. Hari ini, kita telah mengubah hal-hal yang perlu diperbaiki berdasarkan petunjuk dari tokoh agama,” tegas Bupati.

Parade kapal ini menjadi salah satu acara penutup dalam rangkaian peringatan Mappanre Ri Tasi E yang telah dibuka oleh Bupati Zairullah sejak 22 Mei 2023.

Selain Bupati, acara tersebut dihadiri oleh pimpinan Forkopimda, Anggota DPRD, Sekretaris Daerah, Kepala SKPD, pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya. (Adinata/Team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here