Home Berita Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Genjot Peningkatan Implementasi HAM

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Genjot Peningkatan Implementasi HAM

55
0

Tanah Bumbu,Peloporkrimsus.com – Dalam upaya meningkatkan pemahaman dan pelaksanaan hak asasi manusia (HAM), Kabupaten Tanah Bumbu terus melakukan berbagai langkah strategis, sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 22 Tahun 2021 tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli HAM. Meskipun dalam penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM Tahun 2023, Kabupaten Tanah Bumbu belum meraih status sebagai Kabupaten/Kota Layak HAM, berbagai upaya perbaikan terus digalakkan.

Sebagai salah satu langkah konkret, Bagian Hukum Kabupaten Tanah Bumbu mengadakan Kegiatan Supervisi Rencana Aksi HAM pada Kamis, 20 Juni 2024, di Ruang Rapat Bupati Gunung Tinggi. Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten III, H. Eka Safrudin, bersama sejumlah narasumber, termasuk perwakilan Biro Hukum Kalimantan Selatan dan Kepala Sub Bagian Litigasi dan HAM, Arie Satya, S.H., M.H.

Dalam sambutannya, H. Eka Safrudin menekankan pentingnya kegiatan ini untuk memperkuat komitmen dalam meningkatkan kesadaran dan pelaksanaan HAM di Kabupaten Tanah Bumbu. “Kegiatan ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa setiap indikator penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM dipahami dengan baik oleh setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah, sehingga kita bisa mencapai predikat Kabupaten Peduli HAM,” ujarnya.

Eka Safrudin juga menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah daerah dan berbagai pihak terkait dalam mencapai tujuan ini. Dengan supervisi dan bimbingan dari Biro Hukum Kalimantan Selatan, diharapkan setiap kendala dalam pemenuhan kriteria dapat diatasi dengan baik.

Kegiatan supervisi ini tidak hanya berfokus pada evaluasi progres saat ini, tetapi juga bertujuan menyusun strategi yang lebih efektif dan efisien dalam memenuhi kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik yang berperspektif HAM serta memperkuat perlindungan dan pemenuhan hak asasi manusia bagi seluruh warga Kabupaten Tanah Bumbu.

Semangat dan komitmen yang ditunjukkan oleh para peserta dalam kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa Kabupaten Tanah Bumbu siap untuk terus berbenah demi terwujudnya Kabupaten yang Layak HAM.'(Team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here