Home Berita Perbaikan Jembatan Batu Harang dan Jembatan Salimuran-Pulau Tanjung Membantu Meningkatkan Aksesibilitas di...

Perbaikan Jembatan Batu Harang dan Jembatan Salimuran-Pulau Tanjung Membantu Meningkatkan Aksesibilitas di Tanah Bumbu

627
0

Tanah Bumbu, peloporkrimsus.com – 28 Juni 2023, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Hernadi Wibisono, melalui Kepala Bidang Bina Marga (BM) setempat, Ramdhan Nasution, memastikan bahwa dua proyek perbaikan jembatan di wilayah tersebut, yaitu Jembatan Batu Harang di Desa Mantewe, Kecamatan Mantewe, dan Jembatan Salimuran-Pulau Tanjung di Kecamatan Kusan Tengah, akan segera selesai dan dapat dilintasi pada tahun ini.

Perbaikan jembatan ini dilakukan sebagai respons terhadap kerusakan parah yang dialami oleh jembatan-jembatan tersebut sebelumnya. Jembatan Batu Harang, yang sebelumnya mengalami ambruk dan tidak dapat dilintasi oleh kendaraan warga, saat ini sedang dalam proses pembangunan dengan progress pekerjaan mencapai 60 persen. Diperkirakan jembatan ini akan selesai pada bulan November 2023. Jembatan Batu Harang dibangun menggunakan konstruksi rangka baja sepanjang 50 meter dan lebar 5 meter untuk memastikan umur dan kekuatan jembatan yang lebih tahan lama. Pembangunan jembatan ini dibiayai sebesar Rp 9,1 Miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemkab Tanah Bumbu tahun anggaran 2023 dan dilaksanakan oleh PT Indah Perkasa Konstruksi.

Sementara itu, Jembatan Salimuran-Pulau Tanjung di Kecamatan Kusan Tengah juga mengalami kondisi yang memprihatinkan sebelumnya. Jembatan ini memiliki peran penting dalam mendukung kegiatan ekonomi masyarakat setempat, terutama dalam pengangkutan hasil pertanian. Namun, saat ini proses pembangunan jembatan ini sudah dimulai dengan pemasangan tiang pancang. Diharapkan, pembangunan jembatan ini akan selesai sebelum akhir tahun 2023.

Dengan selesainya perbaikan Jembatan Batu Harang dan Jembatan Salimuran-Pulau Tanjung, aksesibilitas antar desa dan kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu akan semakin baik. Masyarakat setempat akan mendapatkan manfaat yang besar dari peningkatan infrastruktur ini, termasuk kemudahan dalam mengangkut hasil pertanian dan pengembangan sektor ekonomi di wilayah tersebut. Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas infrastruktur dan memperbaiki aksesibilitas di seluruh wilayahnya demi kesejahteraan masyarakat. (Nata/team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here