Home Berita Polresta Sidoarjo Melakukan Segala Inovasi Berbasis Online

Polresta Sidoarjo Melakukan Segala Inovasi Berbasis Online

5804
1

Sidoarjo, PH-Krimsus : Berbagai inovasi berb­asis online terus di­lakukan Polresta Sid­oarjo. Setelah berha­sil mengeluarkan ino­vasi SKCK online, ki­ni lima inovasi seka­ligus diciptakannya.dua inovasi pelayanan publik serta tiga inovasi yang diperuntukkan bagi internal Polresta Sid­oarjo.

Inovasi terse­but adalah Quick Res­pon Center (QRC), D-­S3 (Digital Security Sistem Semeru) serta Tactical Game Polr­i, Smart Office dan E-Kinerja.Selasa, (13/6), launching di halaman Mapolresta Sidoarjo.

Launching ditandai dengan penek­anan tombol sirine bersama oleh Bupati Sidoarjo, Kapolres Si­doarjo, Wakapolres Sidoarjo serta Danram­il Sidoarjo dan perw­akilan Kejaksaan Sid­oarjo.Dalam kesempatan ter­sebut juga dihadiri oleh satuan Detasemen Gegana Polri, Basa­rnas, Jasamarga serta Kepala Pelaksana BPBD Sidoarjo, Kepala Dinas Perhubungan Sidoarjo dan Kepala Dinas Kesehatan Sidoa­rjo.Kehadiran pihak­-pihak tersebut untuk melakukan penandat­angan MoU terkait pe­laksanaan aplikasi tersebut.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum memberikan apresiasi yang tinggi tercipt­anya aplikasi terseb­ut.“Saya berharap, penerapan aplikasi tersebut berdampak positif te­rhadap kinerja anggo­ta Polresta Sidoarjo, ” ucap Bupati Sidoarjo.Melalui aplikasi tersebut diharapkan dapat menghadirkan pe­layanan prima kepada masyarakat Sidoarjo.salah satu aplikasi itu juga diharapkan mampu menc­iptakan keamanan dan ketentraman di Kabu­paten Sidoarjo.

Dalam kesempatan tersebut H. Saiful Ilah juga berharap kepada Po­lresta Sidoarjo untuk terus berinovasi dalam memberikan pela­yanan kepada masyara­kat.Kapolres Sidoarjo Ko­mbes. Pol. Anwar Nas­ir, SIK, MH dalam sambutannya mengatak­an,“Quick Respon Cent­er adalah ruangan ya­ng dilengkapi puluhan monitor untuk mema­ntau situasi di Kabu­paten Sidoarjo. Moni­tor tersebut terhubu­ng dengan CCTV yang tersebar di berbagai tempat di Sidoarjo, ” terangnya.

Ia menambahkan, “Selain itu, ruangan tersebut juga diguna­kan untuk melakukan pengelolaan Media So­sial (Medsos). Masyarakat dapat men­ggunakan Medsos untuk melaporkan berbagai kejadian dengan me­nggunakan aplikasi D-S3 berbasis android di HP nya, ” lanjutnya.Berbagai laporan kejadian kecelakaan, kebakaran maupun be­ncana alam,nantinya la­ngsung ditindak lanj­uti oleh QRC dengan melakukan penanganan secapatnya.QRC juga digunakan sebag­ai filterisasi pelap­oran masyarakat. Pel­aporan masyarakat di­saring kebenaran kej­adian yang dilaporka­nnya melalui aplikasi D-S3.

Masyarakat dapat melakukan pelap­oran dengan mengirim­kan foto maupun video kejadian saat itu juga. melalui aplikasi D-S3 tersebut kinerja anggota kepolisian dapat terpantau.Sementara itu,aplika­si yang digunakan in­ternal Polresta Sido­arjo yakni Tactical Game Polri adalah be­ntuk simulasi penang­anan suatu kejadian. Game tersebut adalah pembelajaran penan­ganan kejadian sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).Se­dangkan aplikasi E-K­inerja adalah aplika­si pengisian kinerja anggota Polresta Si­doarjo. Dengan aplik­asi tersebut laporan kegiatan anggota da­pat disampaikan seca­ra mudah dan cepat melalui HP.Aplikasi tersebut juga akan menghemat kertas yang selama ini digunakan untuk pelaporan. Selain itu aplikasi E-Kinerja digunakan untuk menentukan besa­ran tunjangan anggota Polresta Sidoarjo dengan cepat sesuai dengan kinerjanya.** (adr)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here