Home Berita Presiden Joko Widodo Dan Gubernur Kalsel Wujudkan Bandara Internasional Syamsudin Noor yang...

Presiden Joko Widodo Dan Gubernur Kalsel Wujudkan Bandara Internasional Syamsudin Noor yang Megah dan Besar

191
0

Banjarbaru, peloporkrimsus.com – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) terpukau saat menghadiri dan meresmikan Bandara Internasional Syamsudin Noor. Jokowi mengaku kaget dengan kemegahan terminal baru bandara ini. Yang dinilainya mewah dan besar.

”Saya sangat kaget saat masuk bandara baru ini. Saya sangat bangga dengan Gubernur Kalsel, karena serius ingin membangun Bandara Internasional yang baru. Ini patut jadi kebangaan bersama,” ujarnya Rabu (18/12)

Kata Presiden, proyek ini adalah salah satu yang termasuk ke dalam program Proyek Strategis Nasional (PSN) ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Presiden Jokowi, Gubernur Kalsel, yang didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa, dan Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

“Dikaitkan dengan bandara baru harus dikaitkan pula dengan segala infratrukstur yang ada seperti pengelolalaan wisata, perikanan. Sumber daya alam lainnya untuk meningkatkan kemajuan ekonomi yang ada di Kalsel,” bebernya.

Sementara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap, dengan diresmikannya terminal baru ini akan memberikan semangat kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kalsel. “Ada satu prestasi karena bandara ini adalah wajah baru kita, suatu kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan,” ujar Menteri Budi.

Sebagai ikon kebanggaan baru masyarakat Kalsel, terminal Bandara Syamsudin Noor memadukan kemegahan dan modernitas dengan kekayaan bumi Kalimantan. Ini terlihat pada desain terminal yang menyerupai intan permata dengan bentuk atap mirip perahu jukung. Oleh karena itu bandara ini juga disebut sebagai “Jewel of Borneo”.

Bandara ini juga menyediakan area parkir kendaraan seluas 36.780 meter persegi yang mampu menampung 1.199 kendaraan roda empat dan 720 kendaraan roda dua serta masjid berkapasitas 1.186 jemaah.

Terminal kargo baru seluas 3.079 meter persegi berkapasitas 44 ribu ton per tahun juga turut dibangun melengkapi kehadiran terminal baru.(Rdw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here