Home Berita PT Freeport Smelter Gresik Beri CSR ke Pemdes Pudakit Timur di Pulau...

PT Freeport Smelter Gresik Beri CSR ke Pemdes Pudakit Timur di Pulau Bawean.

1132
0

Gresik,peloporkrimsus.com – Sampah merupakan salah satu masalah lingkungan yang cukup serius di banyak desa di Indonesia. Oleh karena itu, pengelolaan sampah di desa menjadi sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan lestari.

Pemerintah Desa Pudakit Timur, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik, Pulau Bawean dalam rangka menangani masalah sampah menjadikan sebagai program prioritas desa. Program tersebut terus digencarkan dengan membangun TPS3R serta melengkapi dengan kendaraan pengangkut sampah rumahan yang ada di setiap dusun untuk di proses di TPS3R yang dikelola oleh Bumdes Bakti Pudakit.

Pemerintah Desa Pudakit Timur melaksanakan kegiatan penyerahan Corporate Social Responsibility (CSR) yang diperoleh dari PT Freeport Smelter Gresik berupa satu unit kendaraan roda 3 Viar.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa, Pukul 13:00 WIB yang dihadiri langsung Kepala Desa Pudakit Timur Musaffa beserta seluruh perangkat desa, Camat Sangkapura Umar Junid, S. Sos. Ketua BUMDes Bakti Pudakit Supa’ad beserta anggota, Tokoh Agama dan Masyarakat, Jum’at (19/4/2024).

Dalam sambutan Musaffa menyampaikan bahwa bantuan satu unit kendaraan Viar tersebut diperoleh dari CSR PT Freeport Smelter Gresik yang diberikan kepada Pemerintah Desa Pudakit Timur.

“Kendaraan Viar ini akan diserahkan kepada Bumdes Bakti Pudakit untuk digunakan dalam menangani masalah sampah yang sudah menjadi program prioritas di Desa Pudakit Timur,” ucapnya.

Lebih lanjut Musaffa menambahkan, saat ini sampah telah menjadi masalah serius yang harus ditangani, terutama dalam memelihara kelestarian dan kesehatan lingkungan. Sampah yang berserakan dapat merusak lingkungan yang berakibat terjadinya pencemaran lingkungan.

Selanjutnya, Camat Sangkapura Umar Junid, S. Sos. dalam sambutannya mengungkapkan, pengolahan sampah pada lingkungan masyarakat desa kebanyakan masih bertumpu pada unsur penimbunan sampah kemudian dilakukan pembuangan dan pemusnahan dengan dibakar atau dibuang.

Dengan adanya bantuan CSR ini dari PT Freeport Smelter Gresik berupa Viar bisa lebih memudahkan pihak Bank Sampah dalam pengangkutan sampah di setiap dusun.

“Membangun kesadaran masyarakat desa tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu sosialisasi dan kerja sama dari semua pihak, baik warga, pemerintah desa maupun pihak ketiga sebagai pendukung yakni Bumdes itu sendiri”, pungkas Umar Junid.

Supa’ad Ketua Bumdes Bakti Pudakit mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa yang sudah memberikan bantuan kendaraan roda 3 berupa Viar untuk digunakan sebagai kendaraan pengangkut sampah. Terkhusus kepada PT Freeport Smelter Gresik yang telah peduli dan ikut mensukseskan program prioritas di Desa Pudakit Timur dalam menangani masalah sampah.

“Selama ini dalam melayani masyarakat jemput sampah rumahan masih terkendala angkutan, sehingga masih bisa melayani baru 4 diantaranya: Dusun Sumberrejo, Dusun Sumberagung, Dusun Batumulya, Dusun Lomaer. Ia berharap semoga dengan bantuan Viar ini kedepannya bisa lebih maksimal lagi untuk melayani penjemputan sampah rumahan di setiap dusun yang ada di wilayah Desa Pudakit Timur, Imbuhnya.

Sekedar informasi, kendaraan Viar secara simbolis diserahkan Camat Sangkapura Umar Junid kepada ketua BUMDes Bakti Pudakit Supa’ad, serta penandatanganan surat penyerahan dari Kepala Desa Pudakit Timur Musaffa, dan dilanjut dengan penyiraman air kembang ke kendaraan Viar. (FR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here