Home Berita Puncak Pesta Pantai Mappanre Ri Tasi e Festival Wisata dan Budaya di...

Puncak Pesta Pantai Mappanre Ri Tasi e Festival Wisata dan Budaya di Pantai Pagatan Tanah Bumbu

608
0

Tanah Bumbu – Kalsel, peloporkrimsus.com – Pantai Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan menjadi saksi atas keseruan dan keindahan acara Pesta Pantai Mappanre Ri Tasi’e.

Acara yang berlangsung dari tanggal 20 Mei hingga 4 Juni 2023 ini berhasil menarik perhatian masyarakat setempat maupun wisatawan yang datang dari luar daerah berbagai penjuru.

Puncak acara ini ditandai dengan penampilan SeniTari Mesa Kanne dan beragam kegiatan menarik lainnya yang di suguhkan dari Dinas pariwisata

Tari Mesa Kanne, sebuah tarian tradisional khas Bugis Mandar menjadi pembuka acara ini.

Seni tari yang sangat mempesona lemah gemulai dengan iringan musik dan tarikan oleh Sanggar Seni Baruna Bentala, binaan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu, yang filosofinya mengisahkan tujuh kerajaan di muara dan tujuh kerajaan di hulu yang berasal dari satu keturunan. Melalui tarian ini, nilai-nilai seperti kejujuran, saling menghormati, dan saling menyayangi tercermin dengan indahnya

Bupati Tanah Bumbu dan istri, yang tampil bersahaja dan berwibawa dengan busana muslim putih dan sarung ungu, turut hadir dalam acara ini.

Mereka tiba di lokasi pada pukul 07.30 WITA dan disambut dengan kesenian tradisional dan sinoman hadrah khas Banua Banjar saat menuju panggung utama Mappanre Ri Tasi’e Pagatan

Suasana Pesta adat Mappanre Tasi’e semakin meriah ketika Bupati Dr.HM Zairulah Azhar dan rombongan naik kapal laut untuk melaksanakan Doa selamat dan makan bersama di atas Kapal laut. Setelah itu, mereka kembali ke panggung utama untuk menikmati sajian kuliner khas Nusantara yang sangat lezat sambil menikmati berbagai alunan musik dan tarian tradisional khas Dayak dan etnis Nusantara lainnya.

Selanjutnya tidak hanya itu saja, acara ini juga memanjakan sejumlah pengunjung dengan sajian pembagian 1.000 Sokko Tumbu, makanan khas Bugis secara gratis. Selain itu, ada pula pembagian makanan gratis kepada masyarakat dalam festival kuliner 23 etnis Nusantara. Hal ini menjadikan acara sangat meriah tidak hanya sebagai ajang hiburan, tetapi juga sebagai momen yang memperkuat kebersamaan dan kebhinekaan di Tanah Air Indonisia tercinta

Pergelaran Pesta adat Mappanre RI Tasie Dengan mengusung tema budaya dan keindahan alam, Pesta Pantai Mappanre Ri Tasi’e berhasil mencuri perhatian turis Manca Negara dan masyarakat di berbagai Daerah sampai pelosok Desa Melalui acara ini, Kabupaten Tanah Bumbu berharap dapat meningkatkan pariwisata lokal serta melestarikan dan mempromosikan kekayaan budaya Indonesia.

Bagi wisatawan yang belum sempat mengunjungi Pesta Pantai Mappanre Ri Tasi’e tahun ini, jangan khawatir. Anda masih dapat menikmati pesona keindahan Pantai Pagatan dan berbagai acara menarik lainnya di masa mendatang. Pantai Pagatan selalu menawarkan keindahan alamnya dan biota laut yang memukau serta keramahan masyarakatnya”

Ayo luangkan Waktu berkunjung Ke Pantai Pagatan Tanah Bumbu Bumi Bersujud untuk berwisata (Team )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here