Home Berita ROB, Platform Inovatif yang Mengangkat Potensi UMKM Tanah Bumbu

ROB, Platform Inovatif yang Mengangkat Potensi UMKM Tanah Bumbu

56
0

Tanah Bumbu – peloporkrimsus.com, 2 Maret 2024 Program baru bernama Rumah Oleh-Oleh Bersujud (ROB) tengah memimpin langkah maju untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah ini. Inisiatif ini diprakarsai oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan, dan Perindustrian (Kumdagri) dengan tujuan utama meningkatkan perhatian terhadap para pelaku UMKM di daerah tersebut.

ROB bukan hanya sekadar program biasa; ini adalah platform inklusif yang mengintegrasikan hasil-hasil UMKM dan ekonomi kreatif dari berbagai sektor SKPD. Melalui ROB, produk lokal seperti makanan dan minuman khas Tanah Bumbu akan dipromosikan dan dijual, baik secara tradisional maupun melalui platform online.

Kolaborasi antara Dinas Kumdagri dan koperasi UMKM menjadikan ROB sebagai pusat yang memfasilitasi promosi dan penjualan produk unggulan dari UMKM setempat. Peresmian gedung ROB pada bulan Mei 2024 diharapkan akan menjadi tonggak penting dalam mengangkat potensi ekonomi lokal.

Gedung ROB bukan hanya tempat untuk produk makanan dan minuman, melainkan juga wadah bagi berbagai produk UMKM lainnya, termasuk kerajinan, fashion, hingga kuliner. Produk-produk pertanian dari petani milenial, seperti sayuran segar, buah-buahan, dan daging beku, juga akan tersedia di ROB.

Hamaluddin Tahir, Kepala Dinas Kumdagri Tanah Bumbu, menyampaikan harapannya bahwa ROB dapat menjadi solusi bagi masalah pemasaran yang dihadapi oleh pelaku UMKM di kabupaten ini. “Mudah-mudahan dengan adanya ROB ini, Pelaku UMKM di kabupaten Tanah Bumbu dapat teratasi persoalan pemasaran produk UMKM nya,” ungkap Hamaluddin Tahir.

Tidak hanya melibatkan pemerintah dan koperasi UMKM, ROB juga menggandeng kontribusi dari perusahaan dan lembaga perbankan untuk menyediakan bantuan sarana dan prasarana. Ini mencerminkan dukungan kuat dari berbagai pihak terhadap pengembangan UMKM di Tanah Bumbu.

Lebih lanjut, ROB juga mengajak sektor pariwisata untuk turut serta dalam mendukung para pelaku UMKM. Dengan mengarahkan tamu-tamu hotel dan wisatawan untuk berbelanja di ROB, diharapkan tercipta sinergi yang saling menguntungkan antara sektor pariwisata dan UMKM lokal.”(Team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here