Home Berita Sapi Potong dari Sulawesi Dinyatakan Bebas Penyakit mulut dan kuku

Sapi Potong dari Sulawesi Dinyatakan Bebas Penyakit mulut dan kuku

2
0

Tanah Bumbu kal-sel,peloporkrimsus.com –Berjumlah 105 ekor sapi siap potong yang didatangkan dari Sulawesi masuk ke Kaupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan dinyatakan sehat dan tidak terinfeksi penyakit mulut dan kuku (PMK)serta hama penyakit hewan karantina (HPHK) lainnya 01/06/2022 .

Kepala Dinas Pertanian Tanah Bumbu H. Hairudin melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, mengatakan, pihaknya bersama Balai Karantina Pertanian setempat pun telah melakukan pemeriksaan sapi dengan ketat agar sejumlah sapi yg masuk ke Tanah bumbu sehat dan aman. Dari penyakit. sebelum hewan Qurban tersebut turun dari kapal, ungkapnya.

Dikatakannya, Sejauh ini belum di temukan ada sapi yang membawa ciri-ciri penyakit PMK.
Namun petugas tetap waspada dan terus melakukan desinfektan sebelum sapi tersebut turun dari kapal,

Dijelaskannya, hewan sapi dari pelabuhan Sulawesi menggunakan KMP. Awu-Awu ada enam unit truk memuat sapi sebanyak 105 ekor.

Sapi tersebut akan dibawa ke Buntok satu truk ,23 ekor sapi, ke Tabalong dua truk ,atau40 ekor dan ke Sampit tiga truk atau 42 ekor sapi

Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan selalu melakukan pengawasan dan pemeriksaan kewaspadaan penyakit PMK bersama petugas Karantina Batulicin dan anggota Polres Tanbu untuk memastikan bahwa sapi yang masuk ke kabupaten Tanah bumbu benar-benar Sehat, bebas dari penyakit.

“Ahamdulillah, sejauh ini dari hasil pemeriksaan belum ditemukan adanya sapi yang membawa ciri-ciri PMK, apabila ditemukan kami petugas bertindak dengan tegas sesuai prosudur yang sudah di tetapkan”, Tegasnya. (Team )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here