Home Berita Sumbangsih UPN “Veteran” Yogyakarta Terhadap UKM Kuningan Dimasa Pandemi Covid 19

Sumbangsih UPN “Veteran” Yogyakarta Terhadap UKM Kuningan Dimasa Pandemi Covid 19

9
0

Yogjakarta,peloporkrimsus.com – Pandemi Covid 19 telah memberi efek yang tidak kecil pada sektor ekonomi. Untuk memutus penularan covid 19 maka pemerintah memberi himbauan kepada masyarakat untuk melakukan 5 M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas. Penerapan 5 M terutama tentang membatasi mobilitas akan berdampak padat terhambatnya roda perekonomian. Terhambatnya roda perekonomian tidak terkecuali juga menyentuh sektor UKM. Lesunya roda perekonomian telah mengakibatkan turunnya permintaan terhadap produk-produk hasil UKM, sehingga pendapatan UKM menjadi berkurang, dimana hal ini akan berdampak pada keberlanjutan usaha UKM. Sumbangsih dari berbagai pihak menjadi penting untuk dilakukan guna menjaga keberlanjutan usaha sektor UKM.

UPN “Veteran” Yogyakarta melalui program PbM yang dilakukan oleh dosennya, yaitu Novrido Charibaldi, Sutrisno, dan Hery Sutanto., telah melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang membantu Sentra UKM Kuningan Ngawen Sidokarto Godean Sleman dalam mengembangkan usahanya ditengah pandemi covid 19. Melalui program PbM yang dilakukan, diharapkan dapat meringankan beban Sentra UKM Kuningan Ngawen dalam menghadapi lesunya perekonomian sebagai dampak dari pandemi covid 19.

Program PbM yang dilakukan meliputi perbaikan cara kerja, penerapan K-3, pemasaran online, perbaikan manajemen organisasi, dan perbaikan kualitas produk pada Sentra UKM Kuningan Ngawen. Kegiatan yang telah dilakukan adalah, yang pertama yaitu perbaikan cara kerja yang dilakukan dengan membuatkan meja dan kursi kerja yang ergonomis. Tersedianya meja dan kursi kerja yang ergonomis akan memberikan kenyamanan pengrajin saat bekerja dan menghindari terjadinya cidera. Meja dan kursi kerja ergonomis telah diserahkan pada Sentra UKM Kuningan Ngawen pada tanggal 18 Juni 2022.

Kegiatan kedua adalah melakukan penerapan K-3 pada Sentra UKM Kuningan Ngawen. Penerapan K-3 akan meminimasi terjadinya kecelakaan kerja dan menjaga Kesehatan kerja pada saat pengrajin melakukan pekerjaannya. Penyerahan alat-alat K-3 kepada Sentra UKM Kuningan Ngawen telah dilakukan pada tanggal 11 Juni 2022.

Serah Terima Alat K-3 Kepada Sentra UKM Kuningan Ngawen

Program PbM yang dilakukan ini diharapkan dapat lebih mengembangkan usaha Sentra UKM Kuningan Ngawen dalam menghadapi lesunya perekonomian sebagai dampak dari pandemi covid 19.

Kegiatan ketiga adalah melakukan perbaikan kualitas produk kuningan yang dihasilkan oleh sentra. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan oleh sentra, yang dilakukan dengan melakukan pelatihan proses produksi kuningan secara benar. Pelatihan proses produksi kuningan yang benar telah dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 23 Juli 2022.

Proses pembongkaran cetakan hasil pelatihan proses produksi

Kegiatan keempat dan kelima yang dilakukan adalah melakukan pelatihan pemasaran produk secara online dan pelatihan manajemen organisasi yang telah dilakukan pada hari Sabtu tanggal 27 Agustus 2022.

Pelatihan pemasaran online dan manajemen organisasi

Oleh : Novrido Charibaldi, Sutrisno, dan Hery Sutanto Dosen Teknik Industri UPN “Veteran” Yogyakarta(her)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here