Home Berita TINGKATKAN KETAHANAN PANGAN, DANRAMIL 03/GONDOKUSUMAN KODIM 0734/KOTA YKA BUDIDAYA IKAN LELE CENDHOL

TINGKATKAN KETAHANAN PANGAN, DANRAMIL 03/GONDOKUSUMAN KODIM 0734/KOTA YKA BUDIDAYA IKAN LELE CENDHOL

2
0

Yogyakarta,pelopor krimsus.com . Guna meningkatkan ketahanan pangan di masa Pandemi Covid-19, Danramil 03/Gondokusuman Kodim 0734/Kota Yka Mayor Inf Diya melakukan budidaya ikan Lele Cendhol bertempat di Makoramil 03/Gondokusuman Kodim 0734/Yogyakarta. Jumat, 15 April 2022

Menurut Danramil budidaya ikan Lele Cendhol ini adalah untuk memberdayakan lahan sempit yang ada di Makoramil 03/Gondokusuman agar dapat bermanfaat sekaligus untuk pembelajaran kepada anggota yang akan melaksanakan purna tugas sehingga nantinya tetap aktif dan eksis punya aktivitas di lingkungan tempat tinggalnya untuk budidaya ikan Lele Cendhol.

Budidaya ikan Lele Cendhol tidak perlu lahan yang luas, kita memakai sistem Tong/kolam terpal dengan ukuran diameter 2 meter dan tinggi 1 meter untuk bisa menampung pembibitan ikan Lele Cendhol sebanyak 2.000 ekor dan dalam jangka waktu 3 bulan hasilnya dapat di panen dengan berat 200 Kg.

“Makoramil 03/Gondokusuman saat ini sudah memiliki 7 Tong/kolam terpal sehingga setiap 3 bulan kita dapat panen jelas Mayor Diya.

Selain itu dari segi ekonomis pemasarannya, ikan lele cendol sangat mudah sekali untuk pemasarannya di rumah makan maupun di pasar tradisional yang ada di wilayah binaan dan dapat membantu meringankan ekonomi rumah tangga.

Danramil juga memerintahkan para Babinsa dalam rangka ketahanan pangan sekaligus kegiatan komsos, untuk mengajak masyarakat di wilayah binaannya dengan budidaya ikan Lele Cendhol sehingga bisa membantu ekonomi di masa Pandemi Covid-19.

Selain itu kegiatan budidaya Lele Cendhol dengan sistem kolam terpal ini sebagai koordinator Serma Dodik Purnama Babinsa Kel. Baciro Koramil 03/GK dan atas permintaan dari Satuan Yonif Mekanik 403/WP untuk memberikan pembelajaran perwakilan masing-masing Kompi 2 orang. tentang cara budidaya Lele Cendhol, dengan harapan anggota perwakilan bisa mengembangkan di Kompi masing – masing secara efisien, efektif dan bermanfaat untuk anggota dan keluarganya (her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here