Home Berita UPT Destinasi Wisata Terpadu Bawean Gelar Rakor Bersama Pokdarwis se- Bawean.

UPT Destinasi Wisata Terpadu Bawean Gelar Rakor Bersama Pokdarwis se- Bawean.

212
0

Gresik,peloporkrimsus.com – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Destinasi Wisata Terpadu Wilayah Bawean menggelar rapat koordinasi bersama seluruh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di pulau Bawean, untuk memajukan wisata di kepulauan Bawean, Senin (5/12/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan Pukul 09:00 WIB di kantor UPT Destinasi Wisata Terpadu Bawean, yang dihadiri langsung oleh kepala UPT beserta seluruh jajarannya, seluruh Pokdarwis se- Bawean, dan turut hadir juga Ketua Paguyuban Pokdarwis Kabupaten Gresik, Sekar Harum.

Dalam sambutannya kepala UPT Destinasi Wisata Terpadu Bawean Suwasis mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara kelompok sadar wisata yang ada di pulau Bawean, selain itu untuk bersama-sama membangun dan memajukan wisata yang ada di desa masing-masing.

Lebih lanjut, Suwasis meminta kepada kelompok sadar wisata dalam pengajuan proposal untuk bantuan membangun tempat-tempat wisata di masing-masing desa di pulau Bawean, diharapkan dalam proses pengajuannya melibatkan pihak UPT Destinasi Wisata Terpadu yang ada di wilayah Bawean, karena hal ini diketahui bahwa selama ini pihak pokdarwis yang ada belum semuanya mengajukan proposal terkait dengan wisata, hanya beberapa kelompok saja, katanya.

“Keberadaan Pokdarwis di pulau Bawean sebagai suatu Institusi lokal yang terdiri atas para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab. Dimana pokdarwis merupakan salah satu unsur pemangku kepentingan yang berasal dari masyarakat yang tentunya memiliki peran strategis dalam mengembangkan serta mengelola potensi kekayaan alam dan budaya yang dimiliki suatu daerah untuk menjadi daerah wisata,” ungkap Suwasis.

Suwasis berharap, pokdarwis yang ada di wilayah Bawean bisa menjadi motivator dan komunikator masyarakat desa untuk selalu mensukseskan sapta pesona.

Selanjutnya dalam sambutan ketua Paguyuban Pokdarwis Kabupaten Gresik Sekar Harum mengungkapkan, pariwisata merupakan salah satu sektor penggerak perekonomian desa sehingga perlu diberi lebih agar dapat berkembang baik. Guna untuk mendorong sektor pariwisata, diperlukan berbagai upaya pengembangan pariwisata dimana salah satunya ialah gerakan sadar wisata.

“Gerakan Sadar Wisata merupakan konsep yang melibatkan partisipasi berbagai pihak dalam mendorong iklim yang kondusif bagi perkembangan pariwisata, yakni kelompok sadar wisata,” katanya.

Masih Sekar Harum menambahkan, keberadaan Pokdarwis sebagai suatu Institusi lokal terdiri atas para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab untuk menjamin pelaksanaan desa wisata. Menjadi kelompok yang bergerak secara swadaya, pokdarwis melakukan pengembangan kepariwisataan berdasarkan potensi lokal dan kreativitas yang dimiliki oleh masing-masing desa, tutupnya.

Seusai kegiatan dilanjutkan dengan diskusi bersama pokdarwis yang hadir dalam rapat koordinasi yang digelar. (Fairi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here