Home Berita Yayasan Ponpes Miftahul Ulum Kareteng Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Yayasan Ponpes Miftahul Ulum Kareteng Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

269
0

Gresik,peloporkrimsus.com – Umat muslim di seluruh penjuru dunia setiap bulan Rabiul Awal Tahun Hijriah memperingati Hari Lahirnya Baginda Rasulullah SAW, sebagai wujud kecintaan dan kasihnya kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW.

Yayasan Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Ulum yang berada di Dusun Kareteng, Desa Bululanjang, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik Jawa Timur di Pulau Bawean, menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di halaman Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kareteng Pukul 20:00 WIB, yang dihadiri langsung oleh Pengasuh Ponpes Miftahul Ulum Kiai Haji Mahmud Marzuki, Forkopimcam Sangkapura, Kepala Desa Bululanjang Umar, Ketua PCNU Bawean Kiai Fauzi Ra’uf, Ketua PC Fatayat NU Bawean Rofi’ah, Ketua PC Muslimat NU Bawean Nyai Azizah, Ketua GP Anshor Bawean Syafi’i, Ketua Ikatan Alumni Santri Sidogiri (IASS) Zaini Hasenda, Ketua Ikatan Alumni Santri Miftahul Ulum Kareteng (IASMUK), Kepala Madrasah Aliyah Ady Wafid, Kepala Madrasah Tsanawiyah Sakinah, Kepala Madrasah Miftahul Ulum Ibtidaiyah Ranting Sidogiri Kareteng Arif Dul Qarnain, Kepala Madrasah Diniyah Ula (MDU) Maulidi, segenap Guru dan Wali Santri serta Para Undangan dan Santriwan-santriwati, Minggu (23/10/2022) malam.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Satu (1) Ponpes Sidogiri H. Muhammad Aminullah Baqir, Kepala Induk Madrasah Miftahul Ulum Ibtidaiyah Ponpes Sidogiri Ustadz Muntahal Hadi beserta Ustadz Muhammad Faiz Usman dan Ustadz Muhammad Yasin Abdul Karim dari Sidogiri.

Pembukaan diawali dengan Gema Wahyu Ilahi sekaligus Asyrakalan dan Pelantikan Pengurus Ikatan Alumni Santri Miftahul Ulum Kareteng serta sambutan-sambutan.

Dalam sambutannya pengasuh Ponpes Miftahul Ulum Kareteng Kiai Haji Mahmud Marzuki menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh yang hadir serta panitia pelaksana kegiatan yang telah membantu meluangkan waktu dan tenaganya serta dukungan untuk mensukseskan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW malam ini.

“Semoga kita yang hadir dalam acara peringatan Maulid Nabi ini, dicatat oleh Allah SWT benar-benar sebagai umatnya Nabi Muhammad SAW,” ucapnya.

Lebih lanjut, Kiai Haji Mahmud Marzuki mengatakan, tujuan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW adalah untuk mempertegas keimanan bahwa Nabi Muhammad adalah suri tauladan bagi seluruh umat muslim. Selain itu mempererat tali silaturahmi antara para wali santri dengan pihak Yayasan Ponpes Miftahul Ulum Kareteng, guna mengetahui tentang perkembangan pembangunan selama ini di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum.

Setelah sambutan dari Pengasuh Ponpes Miftahul Ulum, dilakukan pembacaan kesanggupan dari Kepala Madrasah Miftahul Ulum Ibtidaiyah Ranting Sidogiri oleh Ustad Arif Dul Qarnain. Dalam sambutannya Ustadz Muntahal Hadi menyampaikan, atas berkat rahmat, taufik dan hidayahNya kita semua dapat melaksanakan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Nabi Muhammad SAW merupakan sosok tauladan buat umatnya (Uswatun Hasanah). Dengan memperingati hari lahirnya Baginda Rasulullah SAW kita bisa termasuk orang yang dimuliakan, karena beliaulah kita mendapatkan rahmat dan hidayahnya melalui kitab Al-Qur’an,”

“Salah satu bentuk kecintaan dan taat kita sebagai umat muslim terhadap Baginda Rasulullah, diantaranya dengan memperbanyak membaca salawat dan meniru tingkah lakunya Rasulullah SAW semampu dan sebisa kita. Hal ini bisa kita lakukan dengan cara belajar untuk meneladani apa-apa yang ada pada diri Rasulullah,” ucap Ustadz Muntahal Hadi.

Lebih lanjut, Ustadz Muntahal Hadi menyampaikan, bahwa salah satu sifat-sifat Rasulullah SAW yang paling terlihat adalah Tawadhu (Rendah Hati), tidak sombong.

Seusai acara tersebut, dilanjutkan dengan Peresmian Ranting dan Gedung Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kareteng dan Asrama Putra serta Mauidzatul Hasanah tutup Doa bersama. Senin (24/10/2022). (Fairi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here