Pemkab Bima Sabet Pengelola Sanitasi Terbaik Indonesia Timur

Pemkab Bima Sabet Pengelola Sanitasi Terbaik Indonesia Timur

19
0
SHARE

Bima, peloporkrimsus.com – Lagi, Pemkab Bima menunjukan prestasi gemilangnya. Setelah meraih prestasi tingkat Nasional yakni Opini WTP tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Festival Pangan Nasional di Kendari, Sulawesi Tenggara. Kemudian Harapan Satu Pemuda Pelopor Tingkat Propinsi NTB beberapa waktu lalu. Kali ini Pemkab Bima meraih Penghargaan Terbaik Bidang Sanitasi Wilayah Timur dalam Pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun Anggaran 2019 dari Kementerian PUPR.

Kabid Cipta Karya, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab. Bima, Syarifudin H. Ndae, ST. MT, melalui Kabag Humas Setda Bima menyatakan, jumlah proyek DAK sanitasi yang dikelola sebanyak 29 paket dengan realisasi kemajuan fisik seratus persen. Selain itu realisasi keuangan mencapai 96 persen.

‘’Walaupun evaluasi terhadap 100: 0: 100 hanya 79 persen, karena masih banyak kebutuhan masyarakat yg belum terpenuhi,’’katanya.

Syarif, kata Kabag Humas, mengaku Penghargaan itu baru pertama sepanjang tahun 2019 dan merupakan awal yang baik bagi tim Sanitasi Perkim Bima untuk Bima Ramah. Selain pengelolaan yang selalu up to date, sistim pelaporan menggunakan e-monitoring, terintegrasi dengan sistem monitor yang mudah diakses. ‘

’Pelaporannya sangàt mudah di akses oleh masyarakat” ujar Chandra.

Penghargaan diserahkan Dirjen dan Gubernur Sulawesi Selatan, saat Konsultasi Program Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 dalam pembinaaan Infrastruktur Wilayah Timur, tanggal 4 sampai 6 November 2019.

Untuk sistem Monitor Pelaporannya, Pemkab Bima meraih Inovasi terbaik Tingkat Propinsi karena terintegrasi dengan sistem pelaporan lainnya. Ia mengaku tahun depan akan diikutkan pada Kompetensi Inovasi Nasional (SINOVIK). (Humas/ Rif)

LEAVE A REPLY