Home Berita BPBD Tanah Bumbu Gelar Sosialisasi Edukasi Kebencanaan di SMPN 1 Angsana

BPBD Tanah Bumbu Gelar Sosialisasi Edukasi Kebencanaan di SMPN 1 Angsana

232
0

TANAH BUMBU,Peloporkrimsus.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar kegiatan sosialisasi edukasi kebencanaan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan siswa mengenai penanggulangan bencana, Rabu (04/09/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Angsana, Kecamatan Angsana, dengan diikuti oleh 56 siswa perwakilan dari kelas VII, VIII, dan IX yang didampingi oleh guru.

Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu, H. Sulhadi, menyatakan bahwa kegiatan ini menargetkan generasi muda sebagai garda terdepan dalam menyebarluaskan informasi kebencanaan di lingkungan mereka. “Kami berharap para siswa dapat menjadi agen informasi yang cepat dan tanggap terhadap bencana yang mungkin terjadi di daerah mereka,” ujar H. Sulhadi.

Plt Kepala Sekolah SMPN 1 Angsana, Eko Wahyuningsih, menyambut baik program ini dan menilai kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi siswa. “Kegiatan ini tidak hanya menambah pengetahuan kebencanaan bagi para siswa, tetapi juga dapat disampaikan kepada keluarga dan masyarakat di sekitar mereka,” ungkapnya. Ia juga berpesan agar para siswa menyimak materi yang disampaikan dengan baik, sehingga dapat dibagikan kepada teman-teman yang lain.

Dalam kegiatan ini, BPBD Tanah Bumbu berkolaborasi dengan PT Borneo Indobara melalui divisi Emergency Response Team (ERT), mengangkat tema “Go To School Penanggulangan Bencana.” Selain memberikan pemahaman mengenai sistem dan manajemen penanggulangan bencana, Tim ERT juga memperagakan praktik pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan.

Ahmad Zaini Afrizal, perwakilan divisi ERT, mengungkapkan harapannya agar kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para siswa. “Kami berharap para siswa tidak hanya mempelajari materi ini, tetapi juga menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat,” katanya. Ia menambahkan, kolaborasi ini diharapkan dapat terus berlanjut untuk menambah kesadaran kebencanaan sejak usia dini.

Dengan sosialisasi ini, diharapkan generasi muda Tanah Bumbu semakin siap dan tanggap menghadapi situasi darurat, serta berperan aktif dalam mitigasi bencana di daerah mereka.”(Team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here