Home Berita Babinsa 0817/17 Sangkapura, Membangun Sinergitas Melalui Komsos Dengan Warga Pengrajin Kendi Gerabah.

Babinsa 0817/17 Sangkapura, Membangun Sinergitas Melalui Komsos Dengan Warga Pengrajin Kendi Gerabah.

211
0

Gresik,peloporkrimsus.com– Dalam aktifitas rutinnya di wilayah, aparat Babinsa Sangkapura selalu menyempatkan diri untuk menjalin Komunikasi Sosial (Komsos) bersama warga, khususnya warga Binaan pengrajin Kendi Gerabah di Dusun Dissallam, Desa Patarselamat, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik Jawa Timur untuk mempererat silaturahmi dan kerjasama di wilayah.

Pembuatan Kendi Gerabah Yang Masih Tradisional di Dusun Dissallam, Desa Patarselamat

Serda Achmad Junaedi Babinsa Koramil 0817/17 Sangkapura melaksanakan kegiatan Komsos pendampingan dengan Agus Maali pengrajin Kendi Gerabah di Dusun Dissalam, Minggu (16/10/2022).

Setelah Proses Penjemuran Kendi Gerabah Dilakukan, Dilanjutkan Dengan Pembakaran.

Agus Maali mengatakan, dalam sehari dengan dibantu 5 orang pekerja dapat membuat kendi sebanyak 85 hingga sampai dengan 100 kendi, namun selanjutnya dalam proses pembakaran bisa sampai 1500 kendi sekali bakar, ucapnya singkat, saat menerangkan kepada Babinsa.

“Nilai dari suatu kerajinan sebenarnya sangat tinggi karena tidak semua orang memiliki keterampilan dibidang seni, termasuk dalam seni keterampilan membuat kendi atau lebih dikenal dengan sebutan orang Bawean, jerangan,” katanya Maali.

Selanjutnya, Serda Achmad Junaedi anggota Koramil 0817/17 Sangkapura mengatakan, dibutuhkan inovasi agar usaha sebagai pengrajin kendi bisa berkembang pada zaman modern sekarang ini.

“Membuat kerajinan dari tanah liat selain kendi bisa juga seperti cobek atau celengan dengan bahan yang sama, sehingga produksi bisa bervariasi,” terangnya sambil membantu memasukan kendi untuk proses pembakaran.

“Kami sebagai Babinsa sebagai pembina Desa akan terus mendampingi masyarakat binaan, sehingga permasalahan yang ada bisa teratasi bersama dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah binaan,” pungkas Serda Achmad Junaedi. Minggu (16/10/2022). (Fairi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here