Home Berita BPBD Tanah bumbu Hadir kelokasi Bencana banjir

BPBD Tanah bumbu Hadir kelokasi Bencana banjir

139
0

Tanah bumbu//kal-sel,Peloporkrimsus.com –Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu Kal-sel menghimbau kepada Masyarakat agar waspada dengan Tingginya curah hujan berakibat bencana banjir.

Badan penanggulangan bencana Tanah bumbu meninjau langsung kelokasi Desa Angsana yang kini di landa banjir Masyarakat di harap ber hati-hati dan waspada akibat air Sungai Nibung meluap hingga ke jalan raya.

“Berapa hari ini intensitas hujan di wilayah Tanah Bumbu sangat tinggi yang mengakibatkan air Sungai Nibung meluap ke jalan raya akibat tidak mampu menampung debit air,” kata Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu Sulhadi melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Khairil Bakri di Batulicin Selasa.

Lanjut Ia mengatakan, di wilayah tersebut merupakan dataran rendah yang mengakibatkan air sungai meluap ke jalan raya saat hujan lebat.

Namun kondisi tersebut tidak berlangsung lama, dengan hitungan jam air sudah surut dan kondisi jalan sudah normal kembali atau tidak tergenang air. Hanya saja pengguna jalan diminta agar lebih hati-hati dan waspada akibat jalan tergenang air dan licin.

“Saat ini BPBD Tanah Bumbu dan instansi terkait menugaskan beberapa anggota untuk membantu dan mengarahkan pengendara yang melintas di jalan tersebut agar kendaraan yang dinaiki tidak lepas dari jalur aspal yang mengakibatkan kecelakaan,” ujarnya.

Di jelaskan Petugas BPBD, di Tanah Bumbu sendiri ada sepuluh kecamatan yang rawan dengan bencana banjir, diantaranya adalah Kecamatan Kusan Hilir, Kusan Tengah, Batulicin, Kusan Hulu, Teluk Kepayang, Sungai Loban, Angsana, Satui, Karang Bintang dan Kecamatan Mentewe.

Namun dalam hal ini dari seluruh kecamatan tersebut hanya titik-titik tertentu yang mudah terdampak banjir. Salah satunya adalah desa-desa yang dekat dengan bantaran sungai.

Sedangkan wilayah yang rawan dengan bencana tanah longsor adalah Kecamatan Mentewe.

“Oleh sebab itu BPBD Tanbu menghimbau kepada seluruh masyarakat Tanah Bumbu agar lebih waspada dengan bencana alam,” Ungkapnya.

Penguna jalan diminta berhati -hati dan waspada saat melintas di jalan Angsana kerena curah hujan yang tinggi dan jalan licin tergenang Air (TeamA5 )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here