Home Berita BPBD Tanah Bumbu Siagakan 110 Personel Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan /...

BPBD Tanah Bumbu Siagakan 110 Personel Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan / Karhutla

148
0

Tanah Bumbu, peloporkrimsus.com – 5 Juni 2023, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu telah melakukan langkah antisipatif dengan menyiagakan 110 personel dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah ini. Langkah ini diambil dalam rangka menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat serta melindungi sumber daya alam yang ada.

Bupati Tanah Bumbu, dr. H.M. Zairullah Azhar, berkomitmen untuk melindungi wilayahnya dari ancaman Karhutla yang dapat mengakibatkan kerugian besar. “Kami tidak ingin mengulangi kejadian-kejadian Karhutla yang telah terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu, kami telah mengambil langkah-langkah proaktif untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Tanah Bumbu,” ujar Bupati Azhar.

Dalam upaya ini, BPBD Tanah Bumbu bekerja sama dengan berbagai pihak terkait, termasuk Dinas Kehutanan, TNI, Polri, dan masyarakat setempat. Mereka membentuk tim gabungan yang terdiri dari 110 personel yang telah dilatih khusus dalam penanggulangan Karhutla.

Kepala pelaksana BPBD Tanah Bumbu, H. Sulhadi, M.IP menyampaikan bahwa tim tersebut telah ditempatkan di beberapa titik strategis di wilayah yang rawan terjadinya Karhutla. Mereka bertugas untuk melakukan patroli rutin, memantau kondisi cuaca, dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai bahaya Karhutla serta cara pencegahannya.

“Kami memiliki tim yang terlatih dan dilengkapi dengan peralatan penanggulangan Karhutla. Mereka siap sedia 24 jam untuk menghadapi situasi apapun yang terjadi. Selain itu, kami juga bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk membentuk relawan Karhutla yang memiliki peran penting dalam deteksi dini dan pemadaman awal,” ungkap Suhardi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Bumbu, Dr. H. Ambo Sakka, mengingatkan masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi Karhutla. Ia juga mengimbau agar tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu terjadinya kebakaran, seperti membakar sampah sembarangan atau merokok di area yang rawan terbakar.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran sembarangan dan senantiasa berhati-hati dalam menggunakan api. Jika menemukan titik api atau melihat indikasi Karhutla, segera laporkan kepada petugas terdekat atau melalui hotline BPBD Tanah Bumbu,” pesan Sekda Sakka.

Dengan adanya langkah-langkah proaktif dan penyiagaan personel yang dilakukan oleh BPBD Tanah Bumbu, “Ungkapnya (Adinata/Team )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here