Home Berita BPBD TANBU MENINGKATKAN KEWASPADAAN TERHADAP WILAYAH YANG RAWAN BENCANA

BPBD TANBU MENINGKATKAN KEWASPADAAN TERHADAP WILAYAH YANG RAWAN BENCANA

1
0

Tanah bumbu,peloporkrimsus.com – Seperti diketahui beberapa pekan ini kabupaten Tanah Bumbu selalu diguyur hujan dengan instansitas tinggi dan juga angin kencang yang mengakibatkan gelombang laut yang sangat tinggi

Dengan hal ini Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu, Eryanto Rais menyebutkan pihaknya telah meningkatkan pengawasan dan kewaspadaan terhadap sejumlah wilayah yang rawan bencana didaerah ini.

” Utamanya wilayah pesisir yang rawan banjir kita siapkan juga relawan terlatih,” ungkap Eryanto, Selasa (7/12/21) di Batulicin

Eryanto mengungkapkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu telah menyiagakan 200 tenaga relawan terlatih yang tersebar di seluruh kecamatan.

“Ketika bencana terjadi,maka relawan tersebut telah siap siaga diturunkan sesuai dengan kebutuhan untuk penanganan bencana,” imbuhnya.

Para relawan tersebut lanjut Eryanto,akan terus melakukan pengawasan terhadap wilayah yang rawan bencana di Tanah Bumbu.
Beberapa wilayah pesisir di Tanah Bumbu disebut memiliki potensi bencana banjir seperti di Kecamatan Satui, Kusan Hilir, Angsana,Karang Bintang, Mantewe, Kusan Tengah dan Teluk Kepayang.

Para relawan tersebut juga telah terlatih melakukan upaya penanganan dan evakuasi terhadap korban-korban yang membutuhkan bantuan.

” Kami juga menghimbau kepada masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana agar selalu waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan bencana yang berpotensi di wilayah tersebut,” pungkasnya.

Dampak perubahan iklim global La Nina, membuat sejumlah wilayah khususnya yang berada di daerah pesisir harus meningkatkan kewaspadaan terhadap ROB / gelombang pasang air laut cukup tinggi. (team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here