Home Berita DANREM 072/PAMUNGKAS HADIRI ACARA LAUNCHING DAN BEDAH BUKU JENDERAL TNI Dr. DUDUNG...

DANREM 072/PAMUNGKAS HADIRI ACARA LAUNCHING DAN BEDAH BUKU JENDERAL TNI Dr. DUDUNG ABDURACHMAN

197
0

Yogyakarta, peloporkrimsus.com – Danrem Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Joko Purnomo menghadiri acara Launching dan Bedah Buku Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, yang berjudul “Gaya Kepemimpinan Strategis dan Green Human Resource Management dalam Membangun Teamwork” bertempat di Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta Lantai 9 Gedung Aphitarium, Jln. Brawijaya V Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Senin, 22 Mei 2023

Ketua Umum PP Muhamaddiyah Prof. Dr. Haedar Nashir M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa cita-cita bangsa ini harus kita wujudkan dengan nyata dan kuncinya ada di pusat pimpinan. Pemimpin yang strategis harus mampu menyelesaikan konflik sekecil apapun dengan baik.

“Mudah-mudahan dengan buku bapak Kasad bisa menjadi contoh untuk ditiru dalam kepemimpinanya, karena jiwa patriot dan orientasi kebangsaanya tidak diragukan lagi,” tegasnya.

Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman dalam sambutannya menyambut gembira atas Launching Buku Gaya Kepemimpinan Strategis dan Green Human Resource Management dalam Membangun Teamwork, semoga buku ini dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat luas, terutama kepada pimpinan atau calon pemimpin untuk dapat mempraktikkan gaya kepemimpinan strategis ini. Gaya kepemimpinan strategis ini tidak hanya berlaku di dunia militer, tetapi dapat juga diterapkan di dunia korporasi, bahkan birokrasi.

“Buku ini juga dapat dijadikan referensi bagi Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Muhammadiyah khususnya Fakultas Ekonomi Manajemen, karena buku ini menggunakan metode Green Human Resource Management dalam menjalankan organisasi,” jelasnya.

Buku Gaya Kepemimpinan Strategis dan Green Human Resource Management dalam Membangun Teamwork mengulas secara mendalam tentang gaya kepemimpinan strategis antara pemimpin dengan anak buah pada suatu kerja sama di dalam suatu organisasi. Buku ini juga merupakan bagian dari suatu proses pengabdian tiada henti terhadap bangsa dan negara sekaligus menjadi media dokumentasi atas pengalaman serta aktualisasi pengetahuan saya selama menempuh pendidikan doktoral pada program Doktor Ilmu Ekonomi Konsentrasi Strategic Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti tahun 2022.

“Sebagai pemimpin saya berusaha mengedepankan nilai-nilai “keterbukaan, kejujuran, kebersamaan, dengan landasan disiplin dan kehormatan, dalam bingkai kepasrahan aktif kepada petunjuk Allah Subhanahu Wa Ta’ala”. Dalam menjalankan kepemimpinan, saya senantiasa diilhami ajaran luhur local wisdom yang terungkap dalam kata-kata “Cipta, Rasa, Karsa, Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso dan Tut Wuri Handayani” ajaran Ki Hajar Dewantara, serta menerapkan prophetic leadership yang bersumber ajaran Nabi Muhammad SAW dan Khulafaur Rasyidin yang terangkum dalam empat sifat yaitu siddiq, amanah, tabligh, dan fathanah. Kepemimpinan yang mengutamakan akhlakul karimah,” jelasnya.

Untuk membangun lingkungan yang kondusif membutuhkan gaya kepemimpinan strategis yaitu kemampuan seseorang untuk mengantisipasi, mempertahankan fleksibililitas, berpikir secara strategis dan bekerja dengan orang lain untuk memulai perubahan yang akan menciptakan masa depan yang baik bagi organisasi.

“Hal yang terpenting dari semua itu adalah calon pemimpin harus mempersiapkan diri untuk dapat menumbuhkan rasa patriotisme, menciptakan perubahan yang dinamis, berbudaya prestasi, dan semangat profesionalisme, yang mampu meningkatkan partisipasi dan peran aktif para anggota sebagai kekuatan moral, kontrol sosial serta sebagai agen perubahan yang mampu membangun dirinya, masyarakat, bangsa dan negara,” pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut, para Asisten Kasad, Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Ujang Darwis, Kadispenad Brigjen TNI Hamim Tohari, Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Hotlan Maratua Gurning, para Asisten Kasdam IV/Diponegoro, para Kasi Korem 072/Pamungkas, Forkopimda DIY serta para Dosen dan Rektor Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. (her).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here